Mari Hadirkan Dokter untuk Lansia dan Masyarakat Prasejahtera di Riau

Masih banyak lansia dan masyarakat prasejahtera di pedalaman Riau yang kesulitan untuk memperoleh akses kesehatan. Yuk hadirkan dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan mereka!

Simpan

Mari Hadirkan Dokter untuk Lansia dan Masyarakat Prasejahtera di Riau

Target

0 0

0%
0 71 hari tersisa

Mari Hadirkan Dokter untuk Lansia dan Masyarakat Prasejahtera di Riau

Update : 18 Aug, 2021


"Sehat Itu Mahal..."

Kalimat ini rasanya sering kali terlontar dari mulut masyarakat Indonesia, ketika akses kesehatan masih begitu sulit didapatkan oleh sebagian kalangan. Keterbatasan akses layanan kesehatan ini, juga menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab belum meratanya layanan Kesehatan, khususnya bagi masyarakat yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terpencil, Terluar).

Hal inilah yang Tim Medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau temukan ketika memberikan pelayanan kesehatan sekaligus pemberian paket sembako bagi warga Desa Pangkalan Kapas, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

cf229220fb1f96e1b1e59c373d378405.jpg

Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 9 jam dan perjuangan ekstra untuk bisa sampai ke desa ini, karena posisi desa berada di perbatasan Riau-Sumatera Barat. Akses menuju desa ini pun tidak sepenuhnya bisa dilalui oleh mobil, akhirnya separuh perjalanannya dilanjutkan menggunakan ojek motor yang telah dimodifikasi khusus untuk jalanan licin. Warga biasa menyebut kendaraan ini motor grandong.

Untuk sampai ke lokasi tim ACT harus melalui perbukitan dengan kondisi permukaan jalan yang sangat licin, karena hujan lebat baru saja turun. Hal ini memaksa tim untuk turun berjalan kaki berulang kali, bahkan ada salah satu anggota tim yang sampai tersungkur ke lumpur.

d72ae47000305a7a7c775e9f453f2cc9.jpg

Tidak cukup sampai di situ, tim juga harus menyeberangi derasnya anak sungai dengan menggunakan rakit bambu sederhana. Dengan kondisi desa yang seperti ini, maka tak heran jika akses kesehatan sangat sulit untuk didapatkan oleh watga setempat.

Tim pun berhasil bertemu dengan nenek Nurmah, yang nampak kesulitan berjalan, sesekali beliau pun berhenti untuk memijit sejenak kakinya yang sakit. Beliau bercerita bahwa dirinya ingin sekali memeriksakan kakinya ke dokter.

Mau ke dokter, mau periksa ini kakinya. Tapi enggak punya duit. Boro-boro ke dokter, buat makan saja susah. Ke dokter kan enggak bisa 10-20 ribu,” ujar lansia berusia 82 tahun ini.

15f23cd2c0c3d7997c992193e06ab56f.jpg

Kondisi ini hanyalah salah satu gambaran tentang bagaimana sulitnya memperoleh pengobatan di daerah-daerah pedalaman Riau. Melihat kondisi ini Insya Allah tim ACT Riau berikhtiar untuk rutin melakukan pelayanan kesehatan. Maukah kamu bersamai ikhtiar ini?

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat

4cc7706ec6af492401b3664ca712499b.jpg

Sahabat, sudah saatnya kita turut membantu untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di daerah pedalaman. Mari bersama-sama kita berikhtiar untuk menghadirkan dokter untuk mengobati lansia dan masyarakat prasejahtera di pedalaman Riau.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang