Bantu Petani Merapi yang Terancam Gagal Panen Akibat Abu Vulkanik

Akibat hujan abu vulkanik, petani sekitar Merapi kesulitan untuk melanjutkan pekerjaannya. Bahkan, tanaman sayuran mereka terancam gagal panen. Yuk, berikan bantuan modal tanam untuk mereka!

Simpan

Bantu Petani Merapi yang Terancam Gagal Panen Akibat Abu Vulkanik

Target

0 0

0%
0 64 hari tersisa

Bantu Petani Merapi yang Terancam Gagal Panen Akibat Abu Vulkanik

Update : 19 Aug, 2021


Nyaris selama setahun terakhir, Gunung Merapi terus menunjukkan tanda aktivitasnya. Gunung yang terletak di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta ini dalam beberapa pekan terakhir rajin mengeluarkan awan panas guguran dan hujan abu vulkanik. Berstatus siaga atau level III sejak akhir tahun 2020 lalu, masyarakat radius 5 kilometer dari puncak gunung juga telah lama diminta mengungsi karena potensi bahaya erupsi.

e7f57221eea8be771650881fa20e9ea9.jpg

(sumber foto: BPPTKG Yogyakarta)

Kondisi terkini, semburan awan panas Gunung Merapi terjadi pada Senin pagi (16/8/2021), menyebabkan hujan abu vulkanik di sejumlah desa di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Gunung Merapi pada Senin pukul 05.36 WIB selama 165 detik meluncurkan awan panas guguran sejauh dua kilometer ke arah barat daya. Awan panas guguran Merapi telah menimbulkan hujan abu vulkanik di kawasan rawan bencana Merapi, termasuk di desa-desa di Kecamatan Dukun, Sawangan, dan Tegalrejo di Kabupaten Magelang.

5716e3f64c2db979d6f9c9e5627d3e71.jpg

Meskipun warga telah menjauhi daerah rawan bencana, tetap saja peningkatan aktivitas Merapi berdampak pada kehidupan warga. Hujan abu vulkanik membuat para petani kesulitan beraktivitas di lahan pertanian dan ladang mereka. Efek dari tebalnya abu vulkanik yang menyelimuti tanaman juga berpengaruh pada kualitas dan harga jual hasil panen, sehingga dapat menyebabkan para petani terancam gagal panen.

Petani Merapi kini sangat berharap turun hujan deras yang bisa tuntas membersihkan abu dari tanaman karena untuk membersihkan secara manual akan sangat sulit. Namun, di tengah musim panas saat ini, mereka hanya bisa pasrah. Padahal, hasil panen yang buruk tidak hanya membuat mereka merugi akibat kehilangan penghasilan, tetapi juga menyebabkan mereka kekurangan modal tanam selanjutnya.

7f13edd09a41a0063d70c2393307d873.jpg

Kemungkinan gagal panen menyebabkan para petani kekurangan modal, terutama dalam hal pengadaan bibit untuk penanaman kembali. Untuk itu, sebagai antisipasi potensi gagal panen kali ini, para petani Merapi sangat butuh ketersediaan bibit dan modal tanam. Dengan demikian, ketika Merapi meredup kembali, mereka bisa bangkit menggarap lahan pertaniannya tanpa rasa cemas karena tak punya modal.

5c452b94bc7ab48a5d7f542a930df21c.jpg

Melihat kondisi ini maka Aksi Cepat Tanggap Magelang mengajak Sahabat Dermawan untuk bersedekah, yang akan dikonversikan menjadi bibit gratis dan modal tanam untuk para petani yang terdampak abu vulkanik Merapi. Oleh karena itu, mari bantu para petani bisa tetap berjuang di tengah kondisi bencana alam yang mengancam di depan mata dengan sedekah kita!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang