Bersama Kema Unpad, Pulihkan Ekonomi Warga Jatinangor di Masa Pandemi

Jatinangor, adalah sebuah kecamatan kecil yang berkembang pesat layaknya kota bagi para mahasiswa rantau. Namun kini, tanpa adanya mahasiswa di masa pandemi, kota ini bak kota mati. Mari bantu warga Jatinangor bangkit dengan sedekah kita!

Simpan

Bersama Kema Unpad, Pulihkan Ekonomi Warga Jatinangor di Masa Pandemi

Target

0 0

0%
0 97 hari tersisa

Bersama Kema Unpad, Pulihkan Ekonomi Warga Jatinangor di Masa Pandemi

Update : 19 Aug, 2021


Jatinangor, merupakan sebuah tempat penuh kenangan bagi alumni dan mahasiswa beberapa universitas negeri ternama di Kabupaten Sumedang, salah satunya Universitas Padjadjaran (Unpad). Kecamatan di perbatasan Bandung-Sumedang yang telah puluhan tahun tumbuh dan hidup layaknya kota besar sebagai kota mahasiswa itu kini mati akibat pandemi.

Jatinangor sebagai kota satelit pendidikan tinggi memang menggantungkan perekonomiannya pada keberadaan mahasiswa rantau yang tinggal dan berkuliah di perguruan-perguruan tinggi di sana. Selama ini kehidupan berjalan lancar bagi para pemilik UMKM di sana, karena hiruk pikuk sibuknya mahasiswa seakan tak mengenal waktu. Di momen liburan pun jarang sekali wilayah ini benar-benar sepi dari mahasiswa. Namun, semuanya berubah sejak pandemi melanda.

0ed7265123de11fb5414d041c4b76fc5.jpg

Lebih dari setahun terakhir, aktivitas belajar dan perekonomian total berhenti sama sekali akibat COVID-19. Bulan Agustus ini, tim ACT Bandung berkesempatan berkunjung ke Jatinangor, menyaksikan kondisi di sana yang sangat mengkhawatirkan.

85% mahasiswa pulang kampung dan meninggalkan Jatinangor. Akibatnya usaha kos-kosan sebagai salah satu bisnis yang populer di sana lumpuh. Tak sedikit pelaku usaha kos yang terpaksa menjual rumah kosnya karena pajak harus tetap dibayar sedangkan penyewa tidak ada.

7742649fc3f733588c27a167351d60cb.jpg

Sama halnya dengan usaha kuliner dan UMKM lainnya. Para pedagang keliling dan pedagang kecil harian di dalam dan sekitar Kampus Unpad menutup total usahanya. Masyarakat prasejahtera semakin kesulitan karena hingga hari ini belum ada bantuan yang turun, sedangkan para pedagang-pedagang kecil, petugas kebersihan, dan sebagainya tetap membutuhkan penghasilan untuk menghidupi keluarga. Sungguh memprihatinkan.

cc830f9e5799977692671a9cd5eb6084.jpg

Insyaa Allah, tim Aksi Cepat Tanggap Bandung bersama Keluarga Mahasiswa Unpad akan melakukan aksi Operasi Pangan Gratis, Borong dan Modalin Pedagang Kecil, serta Operasi Makan Gratis untuk pedagang kecil, petugas kebersihan, hingga masyarakat prasejahtera di Jatinangor. Dengan demikian, para penduduk asli Jatinangor yang biasanya sigap membantu dan melayani kebutuhan para mahasiswa rantau dapat tetap melanjutkan hidup dengan tenang, meskipun masih dalam situasi pandemi.

Sahabat Dermawan, khususnya mahasiswa dan para alumni Unpad yang mencintai Jatinangor dengan segala kenangannya, kini Jatinangor terpuruk. Mari bangkitkan Jatinangor, bantu Jatinangor pulih dengan sedekah terbaik kita!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang