Cegah Para Lansia Terjatuh Saat Wudhu, Mari Bangun Sumur Wakaf yang Layak

Tak jarang ada beberapa lansia yang terjatuh saat berwudhu, karena tak ada akses MCK yang memadai. Mari bangun sumur wakaf, tempat wudhu dan MCK layak untuk para lansia di Panti Jompo Riyadhul Hilim ini.

Simpan

Cegah Para Lansia Terjatuh Saat Wudhu, Mari Bangun Sumur Wakaf yang Layak

Target

0 0

0%
0 95 hari tersisa

Cegah Para Lansia Terjatuh Saat Wudhu, Mari Bangun Sumur Wakaf yang Layak

Update : 06 Sep, 2021


Panti Jompo Riyadhul Hilim berada di Desa Markeh, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Lokasi panti ini berjarak kurang lebih 274 kilometer dari Kota Jambi dan berlokasi di perkebunan karet yang terdapat sungai-sungai kecil. Panti ini memang dikhususkan untuk lansia-lansia yang ingin menghabiskan masa tua nya untuk semakin dekat dengan Allah Ta'ala. Di panti ini ada 25 orang yang masuk kategori lansia dengan rentang umur 60 tahun sampai 83 tahun dan 10 orangyang berusia masih dibawah 60 tahun.

282df470c816738d28fead94724955c6.jpg

Kegiatan sehari-hari yang dilakukan para lansia disini yaitu dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah mulai dari ibadah wajib sampai ibadah sunnah yaitu sholat berjamaah di Musholla yang ada di panti, sholat sunnah dhuha, tadarus Al-Qur’an dan lain-lain. Selain itu mereka sehari-hari nya ada juga yang bercocok tanam rempah-rempat kebutuhan dapur seperti jahe, kunyit, lengkuas yang nantinya bisa dijual untuk dibelikan beras dan lauk pangan para lansia.

72c20c12c32e58a58b9ad4eee30a0108.jpg

"Keinginan membuka panti ini agar ada tempat bagi para lansia untuk mendekatkan diri kepada Allah, dulu saya pernah mondok dan di pondok itu juga ada lansia nya makanya saya bersama bapak saya merubah kebun karet ini menjadikan panti khusus lansia dan para lansia disini kita gratiskan semua. Sekarang ini memang masalah air yang menjadi masalah karena cuma mengandalkan sungai-sungai kecil ini jadi kalau mau wudhu juga ke sungai, saya sangat kasian dan sangat ingin ada tempat wudhu layak untuk mereka. Selain itu mereka juga belum ada MCK sehingga kalau mau buang air ke belakang pondok memanfaatkan aliran sungai yang ada di belakang, walaupun sebenarnya aliran sungai itu sama dengan aliran yang dipakai untuk mandi dan wudhu," ujar pengurus panti.

4a64b0428721de82b32ac5de00c7f481.jpg


Saat ini kondisi di Panti Jompo Riyadhul Hilim belum memiliki tempat wudhu dan sarana MCK yang layak untuk lansia. Mereka masih harus ke sungai kecil yang ada di sekitar panti. Kondisi tanah yang licin sangat menghawatirkan untuk para lansia. Ada yang pernah terjatuh juga ada yang kena penyakit kulit akibat air yang kurang bersih. Kebutuhan saat ini yang paling penting adanya sarana sumber air bersih dan bangunan tempat wudhu dan MCK yang layak untuk para lansia.

"Dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Wahai Rasulullah, bahwasanya Ummu Sa’ad (ibundaku) meninggal dunia. Sedekah apakah yang afdal untuknya?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Sedekah air.” Lantas Sa’ad pun menggali sumur untuk ibunya, lalu ia mengatakan, “Ini sumur untuk Ummu Sa’ad (ibundaku).” (HR. Abu Daud, no. 1681)

54926248c2ba4be4842e170d0a953f15.jpg

Insya Allah tim ACT Jambi akan terus mendampingi para lansia disana dan memberikan ikhtiar terbaik untuk menghadirkan sumur wakaf sebagai sumber air bersih dan bangunan tempat wudhu agar para lansia tidak perlu lagi ke sungai ketika akan wudhu serta bangunan MCK yang layak agar mereka mandi dan buang air di tempat yang layak.

Sahabat, marilah sejenak kita bayangkan kalau saja mereka para lansia yang ada di Panti itu adalah orang tua kita, ibu dan ayah kita, tentunya kita tidak akan membiarkan mereka kesusahan di masa tua nya. Marilah kita berikan wakaf terbaik kita agar mereka tidak lagi susah ketika akan berwudhu untuk sholat, mereka tidak lagi susah ketika akan mandi dan buang air. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaikmu dengan wakaf terbaikmu melalui laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang