Bertahun-tahun Kekeringan, Mari Bangun Sumur Wakaf di Dusun Ngasinan

Warga Dusun Ngasinan tengah mengalami kesulitan air bersih. Yuk bangun sumur wakaf di Masjid Al Maidah untuk penuhi kebutuhan air jamaah dan warga sekitar!

Simpan

Bertahun-tahun Kekeringan, Mari Bangun Sumur Wakaf di Dusun Ngasinan

Target

0 0

0%
0 71 hari tersisa

Bertahun-tahun Kekeringan, Mari Bangun Sumur Wakaf di Dusun Ngasinan


Sahabat, pada kesempatan yang baik ini, izinkan kami membagikan sebuah kisah yang datang dari Dusun Ngasinan, Kapanewon Semin, Gunung Kidul.

Kondisi geografis desa yang berada di dataran tinggi membuat air bersih sulit didapatkan, entah sudah berapa lama warga di desa ini harus bergelut dengan masalah kekeringan. Jangankan setiap musim kemarau, di saat musim hujan saja hanya beberapa sumur yang terisi air. Itupun tidak lama, paling lama hanya satu bulan, lalu kemudian air-air kembali mengering.

7f314ad7f17a72962bf5956c5f0b7e89.jpg

Kondisi lebih parah memang ditemukan saat musim kemarau, karena warga harus berusaha ekstra untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, untuk berwudhu di masjid pun, warga tidak memiliki air yang cukup.

Kejadian ini terjadi di Masjid Al-Maidah. Masjid ini adalah salah satu sarana beribadah yang sering sekali dipakai warga sekitar. Namun meskipun demikian, rupanya kondisi air sangat tidak memadai. Bahkan tidak jarang warga yang hendak sholat pun mengalami kesulitan untuk bersuci.

Bagi warga yang berkecukupan, mungkin masalah ini bisa diatasi dengan membeli air di truk tangki dengan harga Rp 300.000 per tangki. Namun sayangnya sebagian besar warga di Ngasinan hanya berprofesi sebagai petani dan buruh, dengan penghasilan rata-rata Rp 700.000 per bulan.

4e1cd68867beae457b3451b49066a8bd.jpg

Di tengah kondisi ini, tentu akan sangat menyulitkan bagi mereka, jika harus selalu membeli air. Untuk mensiasati hal ini, warga biasanya akan menghemat air sampai datang bantuan air bersih atau mereka harus menempuh perjalanan dan mengantri untuk mengambil air dari sumur bor dusun tetangga.

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Yogyakarta akan berikhtiar untuk membangun sumur wakaf di Masjid Al Maidah Ngasinan. Sumur ini nantinya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan jamaah dan warga sekitar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: "Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala." (HR. Muslim).

dca30ec28de0cdbfb7f18c1776f32da3.jpg

Sahabat, yuk manfaatkan kesempatan berharga ini!
Insya Allah dengan membangun sumur bagi warga Desa Ngasinan, dapat menjadi pahala jariyah yang tak akan berhenti mengalir meskipun kita sudah meninggal dunia. Amin.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang