Selamatkan Aqidah Anak-Anak Pemulung di Bali dengan Pondok Solusi Ummat

Pondok Solusi Ummat adalah sarana yang dibangun untuk memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak prasejahtera di sekitar TPA Suwung. Saat ini mereka tengah kesulitan untuk memenuhi biaya operasional. Yuk bantu penuhi kebutuhan mereka!

Simpan

Selamatkan Aqidah Anak-Anak Pemulung di Bali dengan Pondok Solusi Ummat

Target

0 0

0%
0 37 hari tersisa

Selamatkan Aqidah Anak-Anak Pemulung di Bali dengan Pondok Solusi Ummat


"Saya prihatin melihat banyak anak pemulung yang tidak memiliki pendidikan layak," ungkap Pak Mujahidun.

Rasa keprihatinan inilah yang membuat beliau mendirikan Pondok Solusi Ummat, sebuah sarana pendidikan umum dan agama yang diperuntukan bagi anak-anak pemulung prasejahtera yang tinggal di sekitar Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar.

Dengan memanfaatkan kayu-kayu bekas yang diperoleh dari sekitar TPA, Pak Mujahidun membangun pondok ini di atas lahan sewaan seluas 300 meter persegi. Saat ini, sebanyak 30 lebih anak-anak pemulung yang tidak bisa bersekolah karena himpitan ekonomi mengenyam pendidikan di Pondok Solusi Ummat ini.

6be48681cc0af352a1bdb4ac60874d50.jpg

Mekipun Pak Mujahidun juga merupakan penghuni bedeng-bedeng kumuh sekitar TPA Suwung, tetapi tak menyurutkan niatnya untuk tetap berbagi kepada anak-anak.

"Tak peduli meski sama-sama miskin. Saya akan menjadikan tempat ini sebagai sarana pendidikan umum dan agama bagi anak-anak pemulung. Terutama untuk anak-anak belajar mengaji, karena mereka (muslim) minoritas di sini," tutur Pak Mujahidun.

Dengan biaya pas-pasan, beliau kerap membayar semua biaya operasional pondoknya. Sebagai pedagang keliling, tentu penghasilan Pak Mujahidin tak seberapa, hal ini seringkali membuat proses belajar terhambat karena listrik yang mati telat dibayar. Pengajar yang datang pun sering berganti karena jumlah honor yang terbatas.

7dd6a0c3368860e4f10ab7f9ee16add1.jpg

Selain itu, ketiadaan sarana-prasarana yang mendukung juga membuat beberapa anak didiknya tidak datang belajar lagi. Tak cukup sampai di situ, saat ini pun bangunan terancam penggusuran karena tidak dapat membayar uang sewa tanag.

Kondisi ini membuat Pak Mujahidun hampir menyerah, tetapi semangatnya untuk tetap menjalankan pondok tetap menyala. Berbagai upaya dilakukan untuk mempertahankan Pondok Solusi Ummat ini. Mulai dari mengajukan proposal di Walikota, hingga meminta bantuan pada donator. Namun apa daya Pak Mujahidun hanya bisa berjuang tetapi belum ada hasilnya.

fa7d8dca636f45779e3617ca2caeeafd.jpg

Barangsiapa melapangkan seorang mukmin dari salah satu kesusahan dunia, maka Allah akan melapangkannya dari salah satu kesusahan di hari kiamat. Dan barangsiapa meringankan penderitan orang lain, maka Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat....” (HR. Bukhari dan Muslim).

Insya Allah Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bali akan membantu membiayai operasional hingga memfasilitasi pendidikan anak-anak di Pondok Solusi Ummat. Semoga ini bisa memudahkan anak-anak prasejahtera di sana agar bisa menuntut ilmu, sehingga mereka tidak perlu bingung lagi.

Yuk bantu Pondok Solusi Ummat bisa beroperasi kembali dengan sedekah terbaikmu!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang