Apresiasi Bakti Ikhlas Pak Doyi dengan Bantuan Kendaraan Baru

Warga Malang tentu tak asing dengan sosok unik Pak Doyi yang rajin keliling kota membersihkan jalanan tanpa bayaran. Ia kini butuh kendaraan untuk memudahkannya mencari nafkah. Yuk kita bantu!

Simpan

Apresiasi Bakti Ikhlas Pak Doyi dengan Bantuan Kendaraan Baru

Target

0 0

0%
0 102 hari tersisa

Apresiasi Bakti Ikhlas Pak Doyi dengan Bantuan Kendaraan Baru

Update : 25 Aug, 2021


Ini cerita nyata tentang Pak Doyi, yang ikhlas bersihkan jalanan di Malang Raya tanpa dibayar meskipun mengalami keterbatasan ekonomi dan kesehatan.

Muhammad Arief atau biasa dipanggil Pak Doyi (48 tahun) hidup bersama ibunya yang telah renta. Mereka berdua menjalani kehidupan begitu sederhana di daerah Mergan, Malang Jawa Timur. Bakti tulus Pak Doyi tak pernah absen untuk merawat ibunya, hingga mengerjakan pekerjaan rumah mulai memasak, mencuci baju dan aktivitas lainnya.

5eb0bd437212df0457b255a87d5ea117.jpg

Padahal kondisi Pak Doyi sendiri sedang tak baik-baik saja, kakinya pincang akibat kecelakaan pada tahun 2013. Hingga kini belum mendapatkan penanganan medis karena tak memiliki biaya, beliau memilih untuk diterapi dan dipijat sendiri. "Jangankan buat berobat, buat makan saja susah," kata Pak Doyi.

Kondisi ekonomi pun tak berpihak kepadanya, kesehariannya berprofesi sebagai tukang pijat keliling yang tak setiap hari mendapatkan orderan. Apalagi saat pandemi bahkan sangat sepi, biasanya mendapatkan 5-10 kali panggilan per minggu, kini bahkan tak ada sama sekali. "80 ribu sekali pijat, tapi tidak setiap hari ada," tambah Pak Doyi, semua penghasilan beliau digunakan untuk memenuhi kebutuhan ibunya dan juga aktivitas berkeliling untuk membersihkan jalanan.

Pak Doyi mungkin tidak pernah memiliki harta yang melimpah, namun tak ada alasan baginya untuk berhenti memberikan manfaat seluas-luasnya. Hampir setiap hari Beliau menyapu setiap sudut kota Malang tanpa pamrih, sekalipun dengan keterbatasan kondisi kaki yang tak bisa berjalan normal. Beliau telah memulai aktivitasnya sejak jam 9 pagi dan pulang pada sore hari jam 5, layaknya pegawai yang rutin diupah. Tak tanggung-tanggung, Beliau bahkan mengembara hingga wilayah Kepanjen dan Lawang, Kabupaten Malang yang berjarak hampir 40 kilometer.

083bf0b44a6d2b09b6634c99dc58492d.jpg

Tak ada bayaran sama sekali, semuanya dilakukan dengan ikhlas, mengeluarkan sebagian tabungannya untuk membeli bensin dan peralatan kebersihan. Hanya satu alasannya, "Saya ingin bermanfaat, menjaga kondisi lingkungan saya" ucap Pak Doyi.

Beliau berkeliling menggunakan motor yang sudah tak layak pakai, dengan modifikasi agar dapat menyimpan peralatan kebersihannya seperti sapu, keranjang dan plang yang bertuliskan "Bersih - Bersih Tanpa Pamrih". Terkadang sering mogok di tengah jalan, tak jarang pula hampir jatuh akibat angin yang terlalu kencang menerpa barang bawaaannya.

c45925185628071c8300b9c4fd2721c2.jpg

Beliau juga resah, apabila motor yang sudah tak layak pakai diterpa angin kencang dan tak bisa menjaga keseimbangan sehingga mengakibatkan jatuh di jalan. Kini beliau berharap memiliki kendaraan yang lebih aman dan nyaman. Bahkan beliau memiliki impian untuk membeli bajaj sehingga bisa dengan nyaman berkendara, tetapi sampai kini hanya sebatas impian sebab semua hasil keringatnya digunakan untuk kebutuhan bersama ibu tercintanya.

474c2e34d2dffdb95a22f7b738581224.jpg

InsyaAllah, tim Aksi Cepat Tanggap Malang akan mewujudkan impian Pak Doyi untuk memiliki sebuah Bajaj yang bisa mempermudah aktivitas beliau dalam mencari rezeki sebagai tukang pijat dan membersihkan kota Malang. Dengan dukungan darimu, besar harapan untuk bisa merenovasi rumah Pak Doyi agar tersedia ruangan khusus untuk menunjang profesi Pak Doyi sebagai tukang pijat. Untuk itu, yuk Sahabat kita apresiasi bakti tulus Pak Doyi dengan sedekah terbaik!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang