Masih Aktif Meskipun Dengan Berbagai Keterbatasan, Bantu Renovasi Surau Sungai Data

Surau tua Nurul Hidayah sebagai pusat kegiatan keagamaan di Jorong Sungai Data masih tetap aktif meskipun dengan berbagai macam keterbatasan. Mari bersama bantu saudara di Sungai Data merenovasi suraunya agar lebih semangat beribadah.

Simpan

Masih Aktif Meskipun Dengan Berbagai Keterbatasan, Bantu Renovasi Surau Sungai Data

Target

0 0

0%
0 134 hari tersisa

Masih Aktif Meskipun Dengan Berbagai Keterbatasan, Bantu Renovasi Surau Sungai Data


Surau Nurul Hidayah merupakan surau tua yang terletak di Jorong Sungai Data, Kecamatan Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Kegiatan ibadah dan keagamaan seperti sholat 5 waktu, penyelenggaraan jenazah, dan kegiatan belajar mengaji dengan jumlah murid yang cukup banyak menjadi indikator ketaatan beragama masyarakat di sana.

1c6ba39e128981bdd7bf17d62f06cfe5.jpg

Namun kondisi ekonomi di Jorong Sungai Data yang jauh dari keramaian hanya mengandalkan hasil bumi untuk dijual dan dikonsumsi. Kesanggupan untuk merawat dan melengkapi fasilitas di surau sangat rendah. Bahkan untuk tenaga pengajar baca Al-Quran di sana hanya suka rela sudah lebih dari 15 tahun. Untuk kegiatan shalat Jum’at ataupun shalat Idul Fitri dan Idul Adha, masyarakat di sana harus pergi ke Jorong sebelah yang jaraknya sekitar 5 sampai 6 kilometer. Akses jalan cukup buruk karena masih berupa jalan tanah berbatu tanpa adanya penerangan.

57fae7e360f5846f2ec3a8d76cd9afbc.png

Mayoritas penduduk hanyalah sebagai buruh tani padi dan gambir. Bagi yang bertanam padi harus menanti hasil panen per tiga bulan. Itupun jika hasilnya bagus, bisa mencukupi kebutuhan pokok. Namun jika tidak, mungkin karena diserang hama babi ataupun tikus. Sedangkan untuk yang bertanam gambir, beberapa tahun kebelakang harus gigit jari karena harga jual yang sangat murah. Bahkan sudah banyak warga yang menjual tanah dan ladangnya dengan harga yang murah.

841e56593cbb20f67c01433b8ce33e76.png

Kegiatan ibadah dan keagamaan di Surau Nurul Hidayah masih tetap dijalankan meskipun dengan keterbatasan sarana dan fasilitas, kondisi fisik bangunan yang sudah lapuk, pintu dan jendela yang sudah tidak ada lagi, sering tergenang air ketika hujan dari jendela dan atap yang sudah bocor. Kebutuhan kamar mandi, sumber air untuk buang air dan berwudhu, kelengkapan alat shalat seperti sajadah, sarung, mukena dan Al-Quran untuk kegiatan belajar mengaji.

"Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala)” (QS At-Taubah: 18)

e388f3aca2107da895be9511a5761b1a.png

Insya Allah, tim Aksi Cepat Tanggap Payakumbuh akan melakukan pembangunan secara bertahap mulai dari kamar mandi, tempat berwudu dan sumber airnya, juga renovasi bangunan seperti atap, pintu dan jendela surai. Setelah itu penyaluran bantuan diberikan untuk kelengkapan ibadah seperti sajadah, Al-Quran dan kelengkapan shalat lainnya.

Ini merupakan bentuk kepedulian dan penghargaan kita kepada masyarakat di Jorong Sungai Data yang masih gigih beribadah dan berkegiatan di Surau Nurul Hidayah meskipun dengan keterbatasan fasilitas Semoga Allah senantiasa memberikan kita petunjuk dalam kehidupan dalam rangka untuk memakmurkan Surau Nurul Hidayah.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang