Warga Minum Air Parit! Bangun Sumur Wakaf Kampung Melayu, di Pelosok Bintan

Tidak ada sumber air yang layak, warga Dusun Kampung Melayu harus mengambil air di semacam parit kecil yang letaknya di dalam hutan. Mereka ingin punya sumur, tapi terkendala biaya. Ayo hadirkan sumur wakaf!

Simpan

Warga Minum Air Parit! Bangun Sumur Wakaf Kampung Melayu, di Pelosok Bintan

Target

0 0

0%
0 64 hari tersisa

Warga Minum Air Parit! Bangun Sumur Wakaf Kampung Melayu, di Pelosok Bintan

Update : 08 Sep, 2021


Tidak ada sumber air yang layak di desa, warga pun harus minum air di parit yang tersembunyi dalam hutan. Bagaimana rasanya?

Inilah yang dirasakan warga Dusun Kampung Melayu, Kabupaten Bintan. Dusun ini merupakan salah satu dusun yang terletak di sepanjang jalan menuju arah Tanjung Uban. Tercatat lebih dari 170 Kepala Keluarga tinggal di Dusun tersebut. Masyarakat Kampung Melayu ini mayoritas berprofesi sebagai buruh tani. Namun sayang, dengan jumlah warga yang cukup banyak, Kampung Melayu tidak memiliki sumber air yang cukup.

d7240bdf384dc5ce56704b8d5c97c086.jpg

Biasanya mereka menggunakan air parit (sungai kecil) yang ada di dalam hutan untuk keperluan sehari-hari mereka. Merka juga harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk menacapai parit itu, kurang lebih sekitar 400 meter berjalan kaki sambil menelusuri beberapa kebun.

Menurut Bapak Udin yang merupakan warga setempat, mereka sudah sejak lama mengambil air dari parit itu. Beliau juga mengatakan bahwa terkadang air berbau tidak sedap lantaran bercampur dengan pupuk kompos yang mengalir dari beberapa kebun di sana. Ketika masuk musim kemarau air parit itu pun ikut mengering dan mereka harus membeli air dari pedagang air keliling. Hal ini tentu memberatkan warga yang berprofesi sebagai buruh tani.

067d3dd2bf395b17e57a702e39c627be.jpg

Sementara itu, mereka tidak mampu untuk menggali sumur karena kedalaman penggalian untuk mencapai mata air kurang lebih sekitar 32 meter dan harganya sangat mahal. Tidak ada pilihan lain, masyarakat di Kampung Melayu, Bintan pun hanya bisa menggunakan air parit tersebut, yang letaknya cukup jauh dari desa untuk minum dan mandi mereka.

Saat ini masyarakat Kampung Melayu sangat membutuhkan bantuan kita untuk mewujudkan sumur wakaf di sana agar sumur ini dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat disana untuk memperoleh air bersih dan tidak lagi menggunakan air parit sebagai sumber air bersih.

ba8aff422549512a2333d3bff3b8830e.jpg

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: "Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala." (HR. Muslim).

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Tanjungpinang akan berikhtiar untuk membangun sumur wakaf di Kampung Melayu, Bintan. Sumur ini nantinya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

Sahabat Dermawan, mari kuatkan ikhtiar kita untuk menghadirkan sumur wakaf bagi para masyarakat di Kampung Melayu!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang