Usia hampir se-Abad Kakek Sani masih mendorong Gerobaknya, Yuk Wujudkan Kios untuk Kakek

Kakek Sani merupakan lansia yang sudah berusia 91 tahun masih semangat mendorong gerobaknya untuk menafkahi keluarganya

Simpan

Usia hampir se-Abad Kakek Sani masih mendorong Gerobaknya, Yuk Wujudkan Kios untuk Kakek

Target

0 0

0%
0 71 hari tersisa

Usia hampir se-Abad Kakek Sani masih mendorong Gerobaknya, Yuk Wujudkan Kios untuk Kakek

Update : 29 Aug, 2021


Sahabat Dermawan

Abdul Sani, 91 tahun, merupakan lelaki tua dengan tubuh yang tampak mungil, bila tidak hujan hampir setiap hari ia berjualan di pertigaan tugu Bongki Tambang, kadang juga di Halte Bus sekolah SMP 1 di Desa Belegen Mulia, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh yang jaraknya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

ab8f44fb20ba69413ecf080d32103e03.jpg

Betapa kakek yang satu ini menyuguhkan sebuah potret kehidupan yang mengundang simpati sosial. Penampilannya yang bersih serta sosoknya yang penuh kesederhanaan mengajarkan kita tentang arti semangat pantang menyerah dalam mengais rezeki.

Kondisi yang sudah renta tak membuatnya berputus asa serta berpangku tangan pada keadaan. Semangatnya demi meneruskan hidup tampak tak pernah hilang. Walau tenaganya tak sekuat anak muda, namun tekadnya kuat untuk mencari pundi-pundi rezeki di bawah sengatan matahari.

Dengan gerobaknya yang unik dan dipenuhi beberapa jenis buah-buahan dipajangkan di atas gerobaknya, seperti pisang, rambutan, jeruk dan manggis. Buah-buahan itu ia beli dari pasar, lalu dijual dengan laba dengan dua ribuan hingga lima ribuan saja. Selain itu, kakek juga menaruh beberapa jenis alat bermain anak-anak, bahkan cukup klasik yang mungkin jarang sudah kita dapati anak-anak menggunakan alat permainan tersebut, yaitu, kelereng dan lembaran kertas yang berisikan gambar-gambar yang digemari anak-anak.

d4aff5f283e1eb3dd620587da470aab5.jpg

Bersama sang Istri, Nenek Sarah (90 tahun), yang sangat setia menemani walaupun belum dikaruniai buah hati menjadi contoh kepada kita tentang kesetiaan pasangan lansia ini. Sesekali nenek Sarah yang berjualan sendirian dikala kakek Habibi kurang sehat. Pasangan ini saling menutupi kekurangan masing-masing. Untuk mengisi keberadaan anak, di rumah mereka berdua pun mengasuh seekor kucing jantan yang sudah mereka anggap sebagai anak sendiri.

99c5edf73a65e5a85bb0d7bf5fc5df4f.jpg

Karena usianya yang sudah uzur, Uwan Habibi (Panggilan akrabnya) ini sudah cukup sulit diajak berkomunikasi, selain pendengarannya yang sudah berkurang, kualitas daya ingatnya juga sudah melemah. Tidak jarang Uwan Habibi juga tersesat ketika hendak pulang ke rumahnya, mungkin hal itu disebabkan daya ingat sang kakek yang sudah mulai pikun. Namun, ada saja orang yang peduli kepada dirinya untuk mengantarkannya pulang ke rumah. Begitu juga sewaktu mendorong gerobak, sering kali Iwan Habibi berhenti untuk menghela nafas, kemudian kadang ia juga beristirahat sejenak, padahal jarak lokasi dia berjualan dari rumahnya hanya terpaut 100 meter.

Meski sudah memasuki usia senja, tetapi semangat Kakek Sani dan para pedagang lansia lainnya seolah tak pernah padam. Mereka tetap berupaya untuk memenuhi kebutuhannya dan tak menyerah dengan keadaan. Semangat inilah yang mendorong Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Subulussalam untuk berikhtiar membantu pasangan lansia ini, agar bisa hidup lebih baik.

“Bukan golongan kami orang yang tidak menyayangi yang lebih muda atau tidak menghormati yang lebih tua.” (HR. at-Tirmidzi no. 1842 dari shahabat Anas bin Malik).

Insya Allah, nantinya bantuan berupa pembanguan kios dan modal usaha serta bantuan biaya hidup lainnya akan diberikan pada para pedagang lansia yang berjualan di sekitarWilayah ACT Cabang Subulussalam. Semoga dengan bantuan ini, mereka bisa beristirahat dan beribadah dengan rasa tenang dan aman.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang