Mengaji di Pinggir Jurang, Bantu Santri di Pelosok Miliki Tempat Mengaji yang Nyaman

Mushola Al-Ikhlas menjadi tempat mengaji bagi puluhan santri di dua desa. Kondisinya sudah lapuk dan berada di tebing Jurang. Mari wujudkan harapan para orang tua santri agar anak-anaknya bisa belajar dengan aman dan nyaman tanpa was-was.

Simpan

Mengaji di Pinggir Jurang, Bantu Santri di Pelosok Miliki Tempat Mengaji yang Nyaman

Target

0 0

0%
0 134 hari tersisa

Mengaji di Pinggir Jurang, Bantu Santri di Pelosok Miliki Tempat Mengaji yang Nyaman


"Alhamdulillah anak saya ketika masuk belajar disini pemahaman ilmu agamanya berkembang drastis, jadi lebih rajin shalat lima waktu, hafal juz amma dan do’a-do’a harian. Jadi sayang kalau potensi ini tidak dibarengi dengan fasilitas yang memadai," ungkap Bu Ita.

Puluhan santri di Langgar Al-Ikhlas, Kampung Cijayana RT 04 RW 01, Desa Jagabaya, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut harus mengaji dengan perasaan was-was karena mushola tempat mereka belajar berada tepat di pinggir jurang. Mushola ini sudah berdiri sejak tahun 2002 dengan fungsi awal sebagai tempat shalat. Menginjak tahun 2004, mushola dijadikan tempat mengaji dengan jumlah santri yang terus bertambah setiap tahunnya.

a63e35a6598c6577b4447e5946e1026d.jpg

Pengajian dilakukan ba’da ashar dan ba’da magrib dengan rentan usia dari anak jenjang SD-SMA. Tapi pertumbuhan jumlah santri ini tidak dibarengi dengan fasilitas mushola yang memadai, seperti dari sisi kapasitas yang hanya bisa menampung 20-30 santri saja. Ukuran bangunan mushola memiliki luas tanah 10 m² dan luas bangunan 7 x 8 m². Sungguh ini membuat para santri harus berdesakan ketika belajar.

0da43f4cc06748203c96d57e9299f26e.jpg

Selain ukuran yang kecil, muhsola ini juga berdiri di pinggir jurang yang membuat santri, orang tua serta pengajar selalu was-was, apalagi dimusim hujan. Longsor mungkin bisa saja terjadi, melihat bangunan yang berada di bibir jurang yang langsung menghadap ke sungai. Salah seorang orang tua santri yang merupakan alumni santri di sini, yaitu Ibu Ita Irawan mengaku was-was ketika musim hujan. Takut bangunan terbawa longsor dan juga atap suka bocor dan dinding rembes terkena air.

6b0d5cf6ea70f8ac618f687e72aa1137.jpg

Selain bangunan yang membahayakan, mushola ini juga hanya memiliki tempat wudhu seadanya, dengan 1 tempat wudhu dan 1 tempat BAB yang terbuka, tidak ada penutup atap dan juga pintu. Warga sekitar dan orang tua santri bukan tak ingin melakukan renovasi, tapi mayoritas warga yang merupakan buruh tani dan nelayan, membuat mereka susah untuk mensisihkan uangnya karena hanya cukup untuk makan sehari-hari. Pengajar di sini juga tidak membebankan biaya yang mahal kepada orang tua santri, mereka hanya menerima uang untuk operasional listrik serta alat tulis. Santri, orang tua dan pengajar kini berharap bangunan ini bisa direnovasi atau dibangun lebih layak lagi, tidak dipinggir jurang seperti sekarang.

ff8043e45ed0a799683ab5c79075d7ed.jpg

"Siapa yang membangun madrasah karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Kabupaten Garut akan mengikhtiarkan perbaikan pembangunan Madrasah dan MCK yang layak bagi para santri dan ustadz. Agar orangtua tidak Khawatir dengan anak-anaknya ketika turun hujan. Mari wujudkan harapan orang tua, santri dan ustadz di Mushola Al-Ikhlas agar memiliki tempat mengaji yang layak!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang