Cegah Gagal Panen, Mari Hadirkan Water Tank untuk Petani Balung Tunjung

Banyak petani di Desa Balong Tunjung yang mengalami gagal panen akibat musim kemarau. Mari hadirkan water tank untuk aliri sawah-sawah mereka

Simpan

Cegah Gagal Panen, Mari Hadirkan Water Tank untuk Petani Balung Tunjung

Target

0 0

0%
0 102 hari tersisa

Cegah Gagal Panen, Mari Hadirkan Water Tank untuk Petani Balung Tunjung


Sahabat, pada kesempatan yang baik ini izinkan kami berkisah tentang daerah Benjeng, Kabupaten Gresik.

Lokasinya yang berada di dekat Sungai Lamong, membuat setiap tahun desa ini selalu dilanda banjir. Sementara jika memasuki musim kemarau, wilayah Benjeng khusunya Desa Balong Tunjung akan mengalami kekeringan dan kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

559c9f0f4484a53cac8e45bf8cd15792.jpg

Kondisi ini disebabkan karena air dari sumur bor yang ada, memiliki rasa asin. Hingga kini warga belum mengetahui apa yang menjadi penyebab dari kondisi tersebut. Mereka pun terpaksa mengonsumsi air telaga yang berada di sekitar desa, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tak terasa, lama kelamaan air telaga yang mereka gunakan pun mengalami kekeringan akibat musim kemarau. Kekeringan ini pun berdampak pada petani sekitar yang seringkali mengalami gagal panen. Perekonomian mayoritas warga yang menggantungkan kehidupannya pada hasil pertanian pun turun drastis.

2b78b974cf78e399c00c14cda9103e49.jpg

Dilema. Mungkin inilah yang mereka rasakan, karena jika harus membeli air bersih melalui water tank dibutuhkan biaya sebesar Rp 300.000 per tangki dengan kapasitas 5.000 m3. Sementara saat ini kondisi ekonomi warga pun sangat tercekik karena pandemi yang belum usai.

Sahabat, kondisi Desa Balong Tunjung Benjeng, Gresik merupakan potret bahwa di beberapa daerah air bersih masih sangat sulit untuk didapatkan. Padahal sejatinya air bersih merupakan kebutuhan terpenting manusia dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

a5cc4e002586adf146790a495ecbf912.jpg

Insya Allah, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Gresik akan menghadirkan watertank untuk membantu para petani Desa Balung Tunjung yang sedang mengalami kesulitan air. Harapannya bantuan ini bisa membantu warga agar tidak mengalami gagal panen.

Barang siapa yang menolong kesusahan orang muslim, maka Allah ta’ala akan menolongnya dari kesusahan pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Sahabat, yuk bantu redakan ujian yang tengah dialami para petani di Desa Balong Tunjung!

71ab2422a3da515d6141bd3b8961eaf3.jpg

Insya Allah kami akan berupaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan pengairan sawah mereka, agar tidak mengalami gagal panen. Bantuan tertulusmu sangat dinantikan di musim kemarau seperti ini. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaik kita melalui laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang