Lariskan Jualan Pedagang Kecil

Pedagang kecil yang saat ini terdampak PPKM yang tiada akhir. bantu lariskan jualan mereka agar ada rizki yang mereka bawa pulang

Simpan

Lariskan Jualan Pedagang Kecil

Target

0 0

0%
0 33 hari tersisa

Lariskan Jualan Pedagang Kecil

Update : 06 Sep, 2021


Malam itu tim Aksi Cepat Tanggap sedang perjalanan ke Kantor setelah membagikan makanan gratis kepada masyarakat di sekita terminal Arjasa, Jember. Tidak jauh dari terminal itu, ada swalayan yang cukup besar dan ramai. Niat ingin istirahat sejenak dan membeli air mineral, terlihat seorang perempuang dengan membawah anaknya menggelar tikar dan menjajahkan jualanya. Beliau adalah bu Misna, perempuan berumur 38 tahun. Setiap hari bu Misna berjualan di depan swalayan ini, jika dagangan belum habis beliau pindah lokasi di depan POM bensin yang berjarak 200 km dari lokasinya berjualan. Bu Misna harus berjalan kaki dari rumahnya untuk berjualan. Jarak dari rumah bu Misna ke lokasi jualan kurang lebih 2 km.

Bu Misnah menjualkan kue salju yang diambil dari orang lain dengan harga Rp 500,-/ kue, setiap kue yang terjual bu Misnah diupah Rp 100,-. Jika dagangannya laku semua Bu Misnah akan memperoleh upah Rp 15.000,- untuk dibawa pulang, itupun jika kuenya laku semua. Malam itu saat kita temui, Bu Misna masih mendapatkan uang Rp 5.000 dari kue yang terjual. Disaat pandemi seperti ini jualan bu Misna tak menentu, bisa membawah pulang uang Rp 10.000 saja beliau sudah sangat bersyukur, sebab setiap hari hanya sedikit kue yang terjual.
718de47cfee3766bcd047f4152bb868d.jpg
Upah yang diperoleh bu Misna digunakan untuk hidup sehari – hari, mulai untuk membeli kebutuhan pokok hingga membayar listrik rumah. Yang begitu menyedihkan lagi beliau harus menyisihkan uang Rp 2.000 untuk membeli paketan internet anaknya yang sedang sekolah kelas 1 SD. Banyak atau sedikit uang yang dibawah pulang setiap hari, harus disisihkan untuk biaya daring anaknya. Terkadang bu Misna harus berhutang membeli kebutuhan pokok untuk menggantikan biaya beli paket internet untuk anaknya bisa terus sekolah. Selain itu, karena harus mendampingi anaknya sekolah bu Misnah hanya dapat berjualan dari pukul 16:00 WIB hingga 21:00 WIB. Jika berjualan di Swalayan, Bu Misnah hanya dapat berjualan sampai jam 20:00 WIB, karena swalayan harus tutup akibat kebijakan PPKM Darurat yang berlaku.
dd9845e2c461bf8a3902389f63170805.jpg
Dulunya bu Misna pernah berjualan Mie di depan rumahnya, bermodal gerobak dan uang tak lebih dari 1 juta rupiah, beliau berusaha memutar modal tersebut. Sejak kondisi pandemi di awal 2020 usaha bu Misna terdampak. Lambat laun usahanya harus gulung tikar karena modalnya habis untuk makan sehari – hari. Selain itu dulu Bu Misna masih mengandalkan kiriman dari suaminya yang bekerja di Bali. Suami bu Misna bekerja sebagai kuli bangunan di Bali, jika ada proyek bangunan suaminya akan memperoleh upah. Akibat pandemi suami bu Misna tidak bekerja lagi lantaran tidak ada proyek yang berjalan dan sulitnya pekerjaan serabutan yang tersedia. Akhirnya suami bu Misna harus menetap di Bali karena tidak ada ongkos untuk balik ke rumahnya dan kondisi di pintu penyebrangan begitu ketat yang mengharuskan orang yang melintas membawah hasil tes swab. Jangankan untuk tes sweb, untuk makan saja mereka sudah kesulitan.
372a7ee83562a0d78852cb41abc4fd65.jpg
3485fc85a2e7b8c74ccfdf5cb5b3bc5f.jpg
a501ec319f31e3b07405082155eddd56.jpg
Saat ini bu Misnah hanya mengandalkan upah Rp 100,- dari jualannya, tidak adalagi yang bisa beliau lakukan ditengah kondisi yang serba sulit ini. Tidak ada yang bisa diharapkan lebih dari suaminya yang juga sedang bertahan untuk melangsungkan hidup di rantau dan mengumpulkan uang untuk ongkos balik ke kampung halaman. Selain itu masih ada adek Faiq yang harus tetap sekolah agar mendapatkan penghidupan yang layak dikemudian hari.

Melihat hal tersebut, tim Aksi Cepat Tanggap Jember berikhtiar untuk membantu kehidupan bu Misna. Insyaa Allah, bu Misna akan diberikan bantuan modal agar Ia dapat kembali berwirausaha dan mencukupi kebutuhan hidupnyai. Sahabat, kita ikut bantu yuk!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang