Sedekah Subuh Alirkan Air Hingga Pelosok Bondowoso

kekeringan yang menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih

Simpan

Sedekah Subuh Alirkan Air Hingga Pelosok Bondowoso

Target

0 0

0%
0 33 hari tersisa

Sedekah Subuh Alirkan Air Hingga Pelosok Bondowoso

Update : 06 Sep, 2021


Krisis Air Bersih sepertinya sudah menjadi hal yang biasa bagi warga Desa Botolinggo, Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Musim kemarau berkepanjangan yang terjadi antara 7 - 9 bulan disetiap tahunnya membuat masyarakat sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari - hari. masyarakat setempat hanya mengandalkan air hujan yang mereka kumpulkan saat hujan datang.
68152993680b59a77c9c01cc73bb42eb.jpg
92702a30ef31806b506cca40bfed20a3.jpg
Terdapat 16 Dusun yang mengalami krisis air bersih dan empat diantaranya yang mengalami krisis air bersih paling parah hampir sepanjang tahun antara lain Dusun Cemper, Kedawung Timur, Kedawung Barat dan Kedawung Tengah. Jangankan untuk keperluan sehari - hari, untuk berwudhu saja mereka begitu kesulitan. Jika ada pengiriman air bersih, Setiap KK hanya dijatah 3 Jirigen Air untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, minum dan kebutuhan harian. Setiap dusun terdapat minimal 48 KK.
dcc3a0cf1c4fd9be43eb92cd23c2a8d5.jpg
Secara geografis Desa Botolinggo terletak 25 Km di wilayah utara Kabupaten Bondowoso dengan kontur tanah cadas berbatu dan kering, selain membuat kegiatan sehari-hari terganggu, krisis air bersih juga membuat lahan pertanian warga hanya dapat ditanami dan dipanen setahun sekali saat musim hujan saja, kerana saat musim kemarau otomatis tanah menjadi kering dan tidak dapat ditanami.
d594aeb651981f8a51e19480615179cd.jpg
44a171ca4aed540fa7586ce8892bd794.jpg
Selain memanfaatkan air hujan, warga juga mengambil air dari sumber air masyarakat sejauh 3-4 KM dengan medan terjal. Sumber air ini jarang digunakan warga karena jaraknya yang jauh dan medan yang sulit membuat warga susah untuk membawa banyak air dalam sekali berangkat.

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibu saya telah meninggal. Bolehkah saya bersedekah atas nama beliau?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Boleh”. Sa’ad bertanya lagi: “Sedekah apa yang paling utama, wahai Rasulullah?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Sedekah berupa air minum” (HR. An Nasa’i no.3666, dihasankan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i)

Sahabat, bukan hanya Desa Botolinggo, tapi masih banyak desa lain di Kabupaten Bondowoso yang mengalami krisis air bersih saat musim kemarau tiba, tim relawan ACT-MRI Bondowoso terus berikhtiar untuk menghadirkan air bersih untuk masyarakat pelosok Bondowoso melalui pembangunan penampung air dan pipanisasi air bersih.
Harapannya nanti akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan air bersih. Tapi sahabat tim relawan tetap membutuhkan bantuanmu!!, tim relawan tetap membutuhkan dukunganmu!! agar lebih banyak warga pelosok bondowoso yang dapat terbebas dari krisis air bersih. Yuk! Alirkan air bersih untuk ribuan masyarakat pelosok Bondowoso dengan cara :

Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
Isi nominal donasi yang ingin diberikan
Pilih metode pembayaran GO-PAY/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang