Ulun Lampung Yuk Wujudkan Impian Sumur Wakaf dan MCK Untuk Santri Ponpes Nurul Ibtida Tanggamus

Ulun Lampung Ayo Wujudkan Impian Santri Ponpes Nurul Ibtida memiliki Sumur dan MCK

Simpan

Ulun Lampung Yuk Wujudkan Impian Sumur Wakaf dan MCK Untuk Santri Ponpes Nurul Ibtida Tanggamus

Target

0 0

0%
0 192 hari tersisa

Ulun Lampung Yuk Wujudkan Impian Sumur Wakaf dan MCK Untuk Santri Ponpes Nurul Ibtida Tanggamus

Update : 08 Sep, 2021


Ulun Lampung Yuk Wujudkan Impian Santri Ponpes Nurul Ibtida Memiliki Sumur dan MCK

Selain fasilitas Pondok yang masih jauh dari layak, Santri Pondok pesantren yang berada di Kawasan Perkampungan yang jauh dari Pusat keramaian ini memiliki jumlah santri sebanyak 150 Santri ini belum memiliki sumber air bersih yang layak sebagai tempat Para santri berhadas dan bersuci untuk belajar llmu Agama Sholat, mengaji dan menghafal Alqur’an.

b254e35288088873db73d94a3d2e68d2.jpg

Terlebih lebih Jika musim kemarau Panjang Datang, Para Santri harus berjuang menempuh perjalanan Hampir 1 Km untuk mendapatkan air untuk mandi, mencuci, masak dan berwudhu yang bersumber dari sungai yang mengalir dan tidak layak untuk bersuci dan di konsumsi.

“Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya.” (Az-Zumar:21)

73e562e266baf58d6c10e22628eda0bc.jpg


Sahabat, begitu pentingnya kehadiran air untuk kehidupan kita. Termasuk bagi santri di pondok pesantren yang setiap hari belajar dan menghafal Al-Quran. Namun dengan kondisi air yang sangat terbatas dan beragam akitvitas yang begitu padat, hal ini tentu saja membuat hambatan dalam banyak hal.

Selain dapat mengganggu motivasi belajar santri dalam menghafal Al-Quran, ratusan santri itu juga terganggu kesehatannya yang sehari-hari menggunakan air keruh dalam segala aktifitasnya. Termasuk mandi, mencuci, berwudhu, bahkan memasak. Air wudhu yang seharusnya bisa menyucikan diri malah bisa saja menambah bakteri ke tubuh mereka.

de876914ad535ab593f2dfadaa9b4f95.jpg

Sumur gali yang ada saat ini hanya bisa mengeluarkan air ketika musim hujan.
Ustadz Ubaidillah sebagai pimpinan Pondok Pesantren mengatakan untuk sumur bor warga yang terdekat disini sedalam 40 meter tidak banyak mengeluarkan air saat musim kemarau. Selama ini Kami mengangkut air dari Sungai dengan menggunakan selang yang disedot menggunakan mesin, terkadang selang yang digunakan tersumbat dan robek sehingga para santri harus mengangkut air dengan ember, lalu bagaimana ketika malam hari harus bersuci kembali setelah MCK?

Mengapa ketersediaan air bersih menjadi hal yang sangat diperhatikan? Karena air yang bersih menjadi hal yang paling utama bagi kita. Rasanya di berbagai aspek kehidupan, air memegang peran penting, seperti kesehatan, masak, dan terutama dalam beribadah. Air digunakan untuk para muslim untuk menyucikan diri. Tetapi


e55c1281c687613c294d078882df4713.jpg

Mari Kita Menjadi Utsman Bin Affan Masa Kini seperti hadist yang disebutkan :
''Barangsiapa yang mau membeli sumur Rumah kemudian dia menjadikan embernya bersama ember kaum muslimin, maka dia akan mendapat balasan lebih baik dari sumur itu di surga. Utsman berkata, “Aku pun membelinya dari harta pribadiku” (HR al-Nasai dan al-Tirmidzi).


Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang