Santri Wudhu dengan Air Rawa, Bangun Sumur Wakaf Santri Perbatasan Aceh

Pesantren tertua di Kota Subulussalam ini sangat memerlukan bantuan air bersih berupa sumur wakaf dari dermawan. Pesantren ini terletak tepat di perbatasan Aceh Sumatera Utara. Pesantren ini telah berusia 32 tahun

Simpan

Santri Wudhu dengan Air Rawa, Bangun Sumur Wakaf Santri Perbatasan Aceh

Target

0 0

0%
0 93 hari tersisa

Santri Wudhu dengan Air Rawa, Bangun Sumur Wakaf Santri Perbatasan Aceh

Update : 06 Sep, 2021


Pondok pesantren Dayah Modern Terpadu (DMT) Subulussalama merupakan pesantren tertua di Kota Subulussalam. Pesantren ini terletak tepat di perbatasan Aceh - Sumatera berada tepatnya di Desa Jontor, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Kalau sahabat mau ke Aceh dari Kabupaten Dairi atau Pak-pak Bharat (Sumut), sahabat akan langsung menjumpai pesantren yang berada dipinggir jalan nasional.

Pondok ini telah berdiri sejak 32 tahun lalu ( diresmikan 1989). Lebih kurang 200 santri terdaftar di sana saat ini, mempelajari Al-Qur’an dan ilmu-ilmu agama. Setiap hari para santri belajar dengan antusias di bawah bimbingan para ustaz dan ustazah.

794b0948512c3e751f28afd52c7aa5c1.jpg

Sahabat, saat ini ratusan santri yang berada di Pondok Pesantren Dayah Modern Terpadu (DMT) Subulussalam tengah mengalami kesulitan untuk memperoleh air bersih. Mereka pun harus berjalan jauh untuk berwudhu dan mandi di sungai kecil, karena di lokasi dekat masjid dan asramanya belum tersedia sumber air yang memadai.

Sudah banyak alumni yang telah dilahirkan dari pesantren ini. Tidak hanya dari Aceh, baik alumni maupun santri yang belajar saat ini juga berasal dari provinsi lain. Pesantren ini juga adalah tempat menguatkan mualaf.

386eefd8b4c161d3c6d6492193af22c8.jpg

Sanitasi di pondok ini masih mengandalkan aliran sungai kecil rawa-rawa di kebun sawit jauh dari asrama. Kegiatan berwudhu dan mandi sehari-hari santri semuanya dilakukan di sungai. Padahal, kondisi air sungai sangat keruh.
e9319d1f83643f20d20c2643484e6544.jpg

Melihat perjuangan adik-adik ini, kami mengajak Sahabat Dermawan untuk membantu perjuangan mereka dalam menuntut ilmu dan beribadah dengan menyediakan sarana sanitasi berupa sumur bor serta MCK yang memadai agar Para Santri dan Asatidz tidak kesulitan lagi berwudhu atau menunaikan hajatnya.

Kelangkaan air bersih ini menjadi kendala utama yang menghambat aktivitas para santri dan masyarakat sekitar Ponpes untuk mandi, mencuci, memasak, bahkan untuk berwudhu. Melihat hal ini, tim ACT berikhtiar untuk membangunkan sumur wakaf. Maukah Sahabat Dermawan turut membantu kegiatan ini?

3160ecd30caed899222e7b21cc8a4f20.jpg

Insyaa Allah Tim ACT Subulussalam akan membangun sarana kebersihan berupa MCK lengkap dengan sumur bor dalam dan torennya agar para santri dapat bersuci lebih mudah dan menjadi amal jariyah bagi kita semua.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah ia meninggal dunia (salah satunya) orang yang menggali sumur.”
(HR. Bazzar)

Maukah kamu bersama-sama membangun sumur wakaf untuk anak-anak Santri Perbatasan ini? Insyaa Allah, setiap rupiah uang yang Anda keluarkan menjadi sedekah jariyah yang membawa kebermanfaatan untuk mereka.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang