Bangunan Nyaris Ambruk, Bantu Renovasi Rumah Tahfidz Annurquran

Jumlah santri di Rumah Tahfidz Annurqur'an membludak. Akibatnya mereka terpaksa pindah ke lokasi belajar lain, namun kondisinya terancam ambruk sewaktu-waktu. Jangan biarkan ini terjadi, yuk patungan renovasi rumah baru mereka!

Simpan

Bangunan Nyaris Ambruk, Bantu Renovasi Rumah Tahfidz Annurquran

Target

0 0

0%
0 93 hari tersisa

Bangunan Nyaris Ambruk, Bantu Renovasi Rumah Tahfidz Annurquran

Update : 06 Sep, 2021


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim" (HR. Ibnu Majah)

---

Hadits ini secara spesifik menjelaskan tentang kewajiban seorang Muslim mempelajari ilmu agama. Semua Muslim wajib menaatinya. Hal ini pula yang menjadi landasan atas semangat para santri Rumah Tahfidz Annurqur'an, Kabupaten Agam.

c86e20638846287a18207bfcc1ddf345.jpg

Rumah tahfidz ini dibentuk oleh sejumlah relawan guru mengaji yang ada di daerah Nagari Batu Palano, Sungai Pua. Awalnya, mereka hanya mendirikan rumah tahfidz sederhana dengan menerima beberapa siswa saja. Namun, dengan cepat informasi tentang keberadaan rumah tahfidz ini menyebar luas di kalangan masyarakat.

Para orang tua amat berkeinginan agar anak-anak mereka mendapatkan pendidikan agama yang layak, sehingga hari demi hari semakin banyak orang tua yang berminat untuk memasukkan anaknya ke rumah tahfidz ini. Masyarakat sekitar memiliki harapan yang besar akan terciptanya generasi-generasi penghafal Al-Quran. Mereka pun tidak ingin anak-anak di sekitar Nagari Batu Palano terlena dari kewajiban belajar Al-Quran.

7aa0cc2e6466d5c5af76dfea39bf53d8.jpg

Lokasi awal rumah tahfidz ini menumpang di TPA setempat. Kemudian, karena jumlah siswanya sudah membludak, mereka berinisiatif mencari tempat baru yang lebih luas supaya cukup menampung siswa-siswa baru. Alhamdulillah, ada salah satu warga yang memberikan izin untuk rumah tuanya dipakai demi berjalannya program rumah tahfidz ini, meskipun kondisinya sangat memprihatinkan.

acb693cac8574fd31ce91f8f56e416ab.jpg

Dinding yang sudah rapuh karena dimakan rayap, kamar mandi yang lama tidak terurus, bahkan ada satu ruangan yang nyaris roboh, jadi problematika baru bagi para pengurus rumah tahfidz. Bangunan tersebut masih bisa berdiri karena ditopang oleh sebuah kayu, yang bisa ambruk sewaktu-waktu. Tanpa bermaksud mengecilkan niat mulia dari pemilik rumah, kondisi rumah ini jauh dari kata layak untuk digunakan para santri belajar. Perlu dilakukan renovasi agar para santri dan pengajar dapat menggunakannya tanpa rasa cemas akan tertindih bangunan tua.


aad5a439e8207e6bfea0ce86caf0c63c.jpg

Namun, pengurus rumah tahfidz tak bisa berbuat banyak karena terbatasnya dana kas. Mereka hanya menetapkan iuran masing-masing 20 ribu per siswa, itu pun tidak semuanya mampu membayar. Bahkan untuk membayar pengajar saja mereka kesulitan; karenanya pengajar tidak punya gaji tetap. Terkadang masyarakat bahu membahu bersedekah untuk operasional Rumah Tahfidz, tetap saja hasilnya tak seberapa.

Untuk itu, insyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Bukittinggi akan membantu proses renovasi Rumah Tahfidz Annurqur'an agar lebih memadai, termasuk menyediakan fasilitas MCK yang nyaman. Yuk, ikut serta berpartisipasi dalam ikhtiar ini dengan sedekah kita. Bersama mari kita jaga semangat para santri dalam menghafal Al-Qur'an!

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS Al Hadid: 18)

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang