Wujudkan Masjid yang Nyaman bagi Warga Tepian Kaltim

Tak sedikit masjid-masjid di tepian Kalimantan Timur yang bangunannya sangat tidak memadai. Mari bantu mereka untuk beibadah di tempat yang lebih nyaman.

Simpan

Wujudkan Masjid yang Nyaman bagi Warga Tepian Kaltim

Target

0 0

0%
0 102 hari tersisa

Wujudkan Masjid yang Nyaman bagi Warga Tepian Kaltim


Sahabat, pernah main ke daerah di tepian negeri Kalimantan Timur?

Kalau belum izinkan kami berkisah tentang beberapa kondisi masjid yang berada di daerah tepian Kaltim.

Setidaknya terdapat tiga masjid yang berhasil Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kaltim temui, yaitu Masjid Rahmatullah, Masjid Darusallam dan Masjid Al-Huda. Ketiga masjid ini menjadi potret bahwa tak sedikit sarana prasarana beribadah di sana yang masih sangat jauh dari kata layak.

cf2912a15a5df202969668dce77fc835.jpg

Masjid Rahmatullah misalnya. Berdiri pada 1994, masjid ini sempat dilanda musibah banjir sebanyak 6 kali, hingga menyebabkan tiangnya miring. Belokasi di pondok pesantren, mayoritas santri yang menuntut ilmu di sini adalah yatim piatu dan prasejahtera.

Untuk keperluan operasional, para pengurus mengelola perkebunan karet yang menghasilkan sekitar Rp 600.000 per bulan. Pendapatan seadanya ini, jelas sangat tidak mencukupi untuk melakukan renovasi masjid.

0ea3a8abc3929c3af891a7f74f949f97.jpg

Penampakan tak jauh berbeda terlihat di Masjid Al-Huda. Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota membuat, masjid ini kurang terurus. Tembok dan lantainya terbuat dari triplek dan jika musim hujan tiba, tetesan air akan menembus melewati atap yang bolong.

Namun meski bisa dikatakan kondisi masjid ini tidak layak, tetapi tak menyurutkan niat para warga sekitar untuk tetap beribadah di masjidnya.

3172baf6ea3ca3003398b1965b74b0d5.jpg

Bedasarkan pantauan dari tim di lapangan, bahwa saat ini bantuan yang sangat dibutuhkan oleh masjid di tepian Kaltim berupa renovasi, sajadah, tempat wudhu dan sumber air yang layak.

Melihat kondisi ini, Insya Allah ACT Kaltim berikhtiar untuk membantu masjid-masjid di pedalaman dan tepian Kaltim ini, agar masyarakat di sana bisa beribadah dan menjalani aktivitas keagamaan lainnya dengan nyaman.

"Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533).

173bd8e2ea306c10baf556b38b1abd1e.jpg

Sahabat, masih banyak masjid di luar sana yang sangat membutuhkan dukunganmu untuk dapat melakukan renovasi, karena mayoritas warga di sana hanya bekerja dengan penghasilan seadanya.

Yuk kita berikan sedekah terbaik kita untuk meraih pahala jariyah, yang akan mengalir meski kita meninggal dunia. Amin.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang