Harga Anjlok, Borong Hasil Panen Petani Cabai Keriting di Kulon Progo!

Harga jual cabai merah keriting di tingkat petani di Kulon Progo anjlok hingga berkisar Rp 2.500 per kilogram. Yuk, borong hasil panen cabai dan berikan modal untuk pengolahan menjadi abon cabai kering agar tak terbuang percuma!

Simpan

Harga Anjlok, Borong Hasil Panen Petani Cabai Keriting di Kulon Progo!

Target

0 0

0%
0 134 hari tersisa

Harga Anjlok, Borong Hasil Panen Petani Cabai Keriting di Kulon Progo!

Update : 09 Sep, 2021


"Karena harganya terlalu murah dan tidak seimbang dengan biaya operasional maka lebih baik kami cabutin (pohon cabai) saja untuk dibakar lalu mau cari alternatif tanaman lain aja. Selain itu kami juga membagikannya kepada warga yang sekiranya mau," tutur Pak Dwi.

"Saya sudah pinjam bank 40 juta untuk modal tanam cabai ini, waktu mau dipanen harga anjloknya kebangetan. Saya juga nggak bisa bayar buruh harian, mereka (buruh harian) juga jadinya nggak bisa makan dan bayar sekolah anak", ungkap Pak Parjan.

13de9cd0f14cfdd03185274b9d4f4bc0.jpg

Harga jual cabai merah keriting di tingkat petani di Kulon Progo kini hanya berkisar Rp2.500-3.000 dari harga normal minimalnya Rp15.000-20.000 per kilogram. Berbulan-bulan merawat tanaman cabai menjadi terasa sia-sia. Bahkan jika dipanen pun hasilnya tak dapat menutup biaya operasional sehingga para petani memilih untuk membakar dan membagikannya ke sejumlah warga. Pemilik lahan maupun buruh harian merasakan dampak dari anjloknya harga cabai ini. Pemilik lahan tak dapat membayar uang pinjaman yang digunakan untuk modal, sedangkan para buruh harian tak mendapatkan upah.

55ab00c993946628d08e52e418a8521d.jpg

Anjloknya harga cabai saat ini merupakan harga cabai terendah dalam lima tahun terakhir. Tak sedikit petani pemilik lahan yang sudah mengeluarkan modal pinjaman besar namun hasil panen tak bisa menutup modal sama sekali, salah satunya Pak Parjan.

Dari petani cabai, pemilik lahan sampai buruh harian merasakan dampak dari anjloknya harga cabai ini. Tak sedikit buruh harian adalah para wanita yang berupaya untuk membantu perekonomian keluarga, dan sebagian besar untuk pendidikan anak. Di kondisi PPKM saat ini kebutuhan kuota untuk pendidikan anak sangat tinggi, hampir dua kali lipat daripada ketika sekolah tatap muka. Jika harga cabai anjlok, otomatis mereka tak dipekerjakan dan tak mendapatkan penghasilan.

ee4c5bc4096884b826ab7bd8351c6b93.jpg

"Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat."

Insya Allah, tim ACT-MRI Kulon Progo akan berikhtiar untuk memborong cabai merah keriting dari para petani kemudian mengusahakan modal untuk para petani dapat mengolah hasil panennya menjadi abon cabai merah kering. Sahabat, mari ringankan beban para petani cabai dengan bantuan terbaikmu melalui lama aksi ini.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang