Manjat Pohon Demi Bertahan Hidup, Yuk Bantu Modal Usaha Ibu Kasiyem!

Menjadi tulang punggung keluarga sebagai petani nira dan membiayai pengobatan suami dan saudara, tentunya membutuhkan biaya banyak! Yuk, bantu Ibu Kasiyem untuk modal usahanya!

Simpan

Manjat Pohon Demi Bertahan Hidup, Yuk Bantu Modal Usaha Ibu Kasiyem!

Target

0 0

0%
0 74 hari tersisa

Manjat Pohon Demi Bertahan Hidup, Yuk Bantu Modal Usaha Ibu Kasiyem!

Update : 13 Sep, 2021


Sahabat, di Kulon Progo, Kab DIY ada sesosok wanita tangguh yang bernama Ibu Kasiyem. Sosok perempuan tangguh menjadi tulang punggung keluarga yang bekerja sebagai petani nira. Setiap harinya ia selalu memanjat 12 pohon kelapa setinggi belasan sampai puluhan meter. Hal ini terjadi karena sang suami sakit dan saudaranya sebagai penyandang difabel.

Suami Ibu Kasiyem sakit paru-paru dan tidak memungkinkan untuk bekerja. Bergerak saja sudah sesak nafas. Saudara laki-lakinya merupakan penyandang yang difabel tak dapat diajak berkomunikasi. Aktivitas Ibu Kasiyem sehari-harinya selain bekerja menjadi petani nira ia tetap melakukan pekerjaan rumah dan baktinya kepada suami dan saudaranya. Disela-sela pekerjaannya ia tetap pulang untuk menyuapi dan memandikan suami dan saudaranya. Baginya suami dan saudaranya adalah hal yang paling berharga di hidupnya.

eba0cb1093a4f5f3d614376af41075e8.jpg

Seluruh pekerjaan rumah dan proses pembuatan gula jawa dari nira dilakukan Ibu Kasiyem seorang diri. Biasanya ia tidur pada pukul 01.00 dini hari. Setiap hari beliau bangun pukul 04.00 pagi untuk menyiapkan peralatan memasak nira dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Pada pukul 06.30 dan pukul 16.00 ia memanjat pohon kelapa untuk diambil nira, biasanya sebanyak 12 pohon. Tak ada waktu istirahat untuknya. Disela-sela memanjat ia masih harus memasak gula nira serta memandikan dan menyuapi sang suami dan saudaranya, tak lupa juga mencari kayu bakar di hutan. Malam hari ia harus membereskan pekerjaan rumah. Suami dan saudaranya adalah hal yang paling berarti di hidupnya.

604666423aca4b2459dd0df646ea67cf.jpg

“Awal-awal saya susah mau manjat pohon, apalagi kalau musim hujan. Takut-takut karena tinggi sekali, tapi ingat suami jadi saya coba untuk berani. Kalau saya nggak bisa manjat, nanti suami nggak bisa beli obat dan saudara juga nggak bisa makan.” Ucap Ibu Kasiyem. Penghasilan beliau berkisar 30 ribu per hari, tentunya penghasilan tersebut tidak mampu menghidupi kebutuhan hidupnya.

722a0983cd0de99e149bb2448afbdbdd.jpg


“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain...” (HR. Thabrani).

Insya Allah tim ACT-MRI Kulon Progo akan memberikan paket pangan dan bantuan modal usaha untuk Ibu Kasiyem. Sahabat Dermawan, doa dan dukungan terbaikmu akan sangat membantu keluarga Ibu Kasiyem memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yuk, salurkan kepedulianmu dengan bersedekah untuk Ibu Kasiyem!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang