Yuk, Hadirkan Sumur dan MCK yang Layak untuk Pesantren RA Darul Falah!

Bertahun-tahun para santri mengalami kesulitan air bersih, padahal air bersih sangatlah penting untuk kesehatan mereka. Yuk, hadirkan sumur wakaf untuk Pondok Pesantren RA Darul Falah!

Simpan

Yuk, Hadirkan Sumur dan MCK yang Layak untuk Pesantren RA Darul Falah!

Target

0 0

0%
0 102 hari tersisa

Yuk, Hadirkan Sumur dan MCK yang Layak untuk Pesantren RA Darul Falah!

Update : 13 Sep, 2021


Pondok Pesantren RA Darul Falah terletak di Dusun I Sidodadi Asri, Jati Agung, Lampung Selatan, didirikan sejak tahun 2017 atau sekitar 4 tahun lalu. Lokasi yang sangat jauh dari pusat kota dan terpencil membuat pesantren ini sulit diakses, sehingga untuk mencukupi segala macam keperluan masih terbatas dan hanya seadanya saja. Saat pertama kali didirikan, jumlah santri bahkan tak sampai 10 orang, namun seiring berjalannya waktu jumlah santri menjadi banyak, bahkan kini mencapai 100 orang.

ae707a141bcabff4d6f9aa3fcf128335.jpg

Meski sudah 4 tahun berdiri, ratusan santri di sini masih harus mandi, wudhu, mencuci di sebuah sumur yang dangkal dengan keadaan air yang keruh. Ditambah lagi ketika musim kemarau yang menyebabkan daerah setempat menjadi kering dan tandus sehingga mengharuskan para santri mengambil air dari sungai yang sangat keruh untuk mereka bersuci, mencuci, mandi, bahkan untuk dikonsumsi sebagai air minum.

Jika keadaan tersebut terus dibiarkan, justru akan membuat para santri terganggu kesehatannya apalagi air keruh yang berwarna cokelat itu digunakan untuk mandi dan minum, tentu hal tersebut sudah tidak lagi memenuhi standar kesehatan, kebersihan dan kelayakan.

2591b4a15772d8c05b3cbdf764c0afb7.jpg

Satrio, yang merupakan salah satu santri teladan di pesantren ini berusia 12 tahun dan sudah hampir 3 tahun mondok di sini, Satrio paham betul dengan keadaan pesantren manakala kemarau, Satrio bersama santri lainnya harus berkeliling ke rumah warga untuk minta air, jika tetangga juga merasa kekurangan air tentu mereka harus menggunakan sumber air dari kolam serta sungai yang keruh dan mungkin sudah tercemar. Hal ini mengakibatkan para santri mengalami gangguan kulit seperti gatal, panu, bahkan bisa menyebabkan kerusakan kulit akibat terlalu sering menggunakan air keruh.

Nampak jelas bahwa Pesantren RA Darul Falah ini masih kurang ketersediaan sumber air bersih serta MCK. Memang, saat ini mereka memiliki sumur untuk bersuci, mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya, akan tetapi itu semua tentu tidak akan bertahan lama, seperti hari-hari ketika kemarau yang membuat sumur sedalam 10 meter hasil galian para santri mengering dan tak mengeluarkan air, sehingga menyulitkan para santri untuk memenuhi kebutuhan untuk bersuci, mandi, mencuci dan lainnya.

ff7185490a8b4b06ef9393f87efcae90.jpg

Para santri berharap bisa memiliki sumur dan membangun kembali fasilitas MCK agar santri ikhwan dan akhwat bisa memiliki MCK masing-masing.

Insya Allah, Aksi Cepat Tanggap Bandar Lampung berikhtiar mewujudkan mimpi mereka yang ingin memiliki sumur wakaf dan fasilitas MCK sehingga mencukupi kebutuhan para santri dalam mencukupi kebutuhan air sehari-hari seperti mandi, mencuci pakaian, dan berwudhu.

“Sedekah apa yang paling engkau sukai?” Jawab beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sedekah air.” (HR. Abu Daud, no. 1679)

Ayo Sahabat Dermawan, wujudkan mimpi para santri miliki sumur dan MCK dengan sedekah terbaik kita karena kitalah harapan mereka!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang