Bantu Penerangan Kampung Adat Dukuh Garut dengan Sedekah Terbaikmu

Kampung Adat Dukuh Garut, masih mengandalkan lampu minyak tanah untuk penerangan mereka. Yuk bantu penuhi kebutuhan penerangan mereka dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Bantu Penerangan Kampung Adat Dukuh Garut dengan Sedekah Terbaikmu

Target

0 0

0%
0 102 hari tersisa

Bantu Penerangan Kampung Adat Dukuh Garut dengan Sedekah Terbaikmu


Sahabat, pernah dengar tentang Kampung Adat Dukuh Garut?

Terletak di Kampung Adat Dukuh Desa Ciroyom Kecamatan Cikelet Garut, kampung ini telah berusia 4 abad atau 400 tahun. Rimbunnya hutan yang mengelilingi kampung ini, membuat warga seolah terbentengi dari gencatan moderenisasi.

Kuatnya nilai-nilai budaya leluhur yang warga sekitar pertahankan, membuat tak satu pun dari mereka menggunakan peralatan elektronik. Ketika kegelapan malam tiba, akan terlihat lampu-lampu tradisional yang mengadalkan api dan minyak tanah sebagai penerangan.

15cb7f957cbe283f0a1958475c6c11ac.jpg


Hal serupa pun terjadi ketika warga memasak, jika sekarang di hampir tiap rumah terdapat kompor gas, warga Kampung Adat Dukuh Garut masih mengandalkan kayu bakar. Rumah mereka pun hanya terbuat dari kayu dan beratapkan daun ilalang.

Berbagai nilai-nilai adat yang masih warga sekitar pegang, tentu harus dilestarikan. Namun sayangnya saat ini mereka tengah mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan minyak tanah.

Dalam satu hari setidaknya mereka membutuhkan 2 liter minyak tanah untuk penerangan ketika mengaji, sholat, makan, masak dan aktivitas lainnya di malam hari. Untuk mendapatkan minyak ini, mereka harus berjalan cukup jauh dan membelinya dengan harga Rp 12.000 per liter.

a768938714f19b9f077d45c4514830f5.jpg

Hal ini tentu bukanlah hal yang mudah bagi warga Kampung Adat Dukuh, sebab mayoritas penduduk adalah lansia yang bekerja sebagai petani. Sementara anak-anak muda yang telah berkeluarga, memilih untuk tinggal di Kampung Adat Dukuh Luar.

"Saat ini warga sangat membutuhkan bantuan untuk bisa memenuhi keperluan membeli minyak tanah, karena bagi warga harga minyak tanah cukup mahal sementara ekonomi warga Kampung Adat Dukuh sangat rendah," ungkap Saefudin, salah satu tokoh masyarakat.

3e5b60761d4994dff66ede810229e93c.jpg

Insya Allah Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Garut akan memberikan bantuan berupa minyak tanah dan alat penerangan tradisional seperti lentera dan lainnya. Sahabat, maukah kamu turut membantu warga di Kampung Adat Dukuh Garut?

"Barangsiapa meringankan dari seorang mukmin salah satu kesusahan hidupnya di dunia niscaya Allah akan meringankan salah satu kesusahan hidupnya pada hari kiamat. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang kesulitan niscaya Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat.." (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Daud).

Yuk berikan sedekah terbaik kita untuk bantu penerangan di Kampung Adat Dukuh!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang