Terancam Rubuh Karena Sudah Lapuk, Yuk Bantu Bangun Kembali Musholla Al-Ikhlasin!

Mari bantu saudara-saudara kita di Langkat, Sumatera Utara agar memiliki Musholla yang layak dan menambah semangat mereka untuk meningkat iman dan ketakwaan.

Simpan

Terancam Rubuh Karena Sudah Lapuk, Yuk Bantu Bangun Kembali Musholla Al-Ikhlasin!

Target

0 0

0%
0 97 hari tersisa

Terancam Rubuh Karena Sudah Lapuk, Yuk Bantu Bangun Kembali Musholla Al-Ikhlasin!

Update : 15 Sep, 2021


Sahabat, pada beberapa daerah di pelosok desa Indonesia, Musholla tidak hanya menjadi tempat untuk shalat. Tetapi juga tempat pendidikan untuk anak-anak seperti mengaji dan belajar. Sedihnya, masih banyak Mushalla yang jauh dari kata layak. Salah satunya adalah Musholla Al-Ikhlasin di Sumatera Selatan.

e627046f2591da9a0c7cc40a3ffe992d.jpg

Berada jauh di pedalaman, tepatnya di Dusun IV Juma Sui Desa Adin Tengah Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Selatan, Musholla yang berdiri sejak tahun 1991 ini terbangun dari hasil patungan warga dengan seadanya. Bahkan kayu untuk dinding Musholla diambil dari hutan sekitar dengan total pembangunan selama satu tahun.

907d73839f4d70c3ae21b34979cb9077.jpg

Kini Musholla yang berukuran 4x5 meter ini sudah tidak pernah lagi dipakai untuk shalat dua tahun belakangan. Alasannya karena kondisi Musholla yang sudah tidak layak lagi. Dua puluh persen seng keropos dan bolong sehingga lantai di dalamnya tergenang air saat hujan. Ditambah lagi dinding yang sudah bolong serta tiang-tiang penyanggah pun mulai lapuk.

61de39a28a9ffc3e8deb6d59a9cee598.jpg

Sehari-hari, warga shalat di rumah pribadi, sedangkan untuk beribadah sholat Jum’at warga harus pergi ke Desa tetangga selama 30 menit perjalanan. Anak-anak yang sering mengaji juga vakum untuk sementara. Selain itu, Musholla Al-Ikhlasin juga tidak memiliki toilet dan tempat berwudhu. Sehingga jamaah harus berwudhu dari rumah masing-masing.

0959c4cdae68c490ab0af1f1feba5fe3.jpg

“Dari rumah itu harus sudah wudhu, sebab musholla tidak ada tempat wudhu dan toilet,” tutur salah satu jamaah, Bapak Legimen, pria berumur 38 tahun. Selain itu azan yang dikumandangkan pun tidak dapat terdengar, sebab Mushalla tidak memiliki menara dan speaker ataupun pengeras suara lainnya.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu : sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Medan berikhtiar melakukan pembangunan Musholla Al-Ikhlasin agar masyarakat bisa melaksanakan shalat berjamaah dengan layak dan tidak takut tertimpa bangunan yang kayunya sudah lapuk. Yuk salurkan bantuan terbaikmu!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang