Nestapa Tukang Becak di Aceh Saat Pandemi, Ayo Bantu RIngankan Beban Mereka

Membantu tukang becak yang kesulitan ekonomi dan membutuhkan bantuan kita untuk hidup karena dampak pandemi.

Simpan

Nestapa Tukang Becak di Aceh Saat Pandemi, Ayo Bantu RIngankan Beban Mereka

Target

0 0

0%
0 64 hari tersisa

Nestapa Tukang Becak di Aceh Saat Pandemi, Ayo Bantu RIngankan Beban Mereka

Update : 17 Sep, 2021


Siang itu sangat terik sehabis shalat dzuhur di Banda Aceh, memang sudah beberapa hari ini sangat panas. Becak itu terus bergerak di bawah teriknya matahari, rodanya terus berputar. Matanya jeli melihat tiap lorong yang dilewati, berharap ada orang yang berjalan kaki ingin menumpangi becaknya.

Sahrizal namanya, beliau merupakan salah satu tukang becak yang biasa beroperasi di Banda Aceh. Jalanan di banda aceh sudah seluruhnya ia ketahui, maklum, beliau sudah 10 tahun menjalani profesi ini sejak tahun 2011.

80d0a6c70f161bfd91ea8955d7af6430.jpg

Peluh selalu mengalir kala ia mencari rezeki, matahari telah di atas kepala, namun belum ada satupun yang menggunakan jasanya. Hari ini tidak seberuntung hari kemarin sepertinya, kemarin ia mengantongi 90rb dalam sehari menarik becak, tidak cukup memang. Apalagi tuntutan hidup semakin sulit di kala pandemi.

Beliau memiliki satu orang anak dan istri. Mereka tinggal di daerah Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. Istrinya bekerja sebagai penjahit di toko orang, pendapatannya yang tak menentu hanya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, malah bahkan pernah tidak mendapatkan penumpang sama sekali.

“Sekarang ini kami bersaing dengan transportasi alternatif, seperti transkutaraja, dan juga ojek online.”

Tahun ini ia berusia 51 tahun, tak banyak yang dapat ia lakukan, inilah profesi utamanya dalam menafkahi keluarga. Panas teriknya matahari tak menjadi penghalang, dinginnya pagi buta tak kunjung menciutkan semangatnya untuk keluarga yang ia sayangi.

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَابِ الدُّنْياَ نَفْسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَابِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِى الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاللهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ اْلعَبْدُ فِى عَوْنِ اَخِيهِ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ

Artinya: "Barang siapa melapangkan seorang mukmin dari satu kesusahan dunia, Allah akan melapangkannya dari salah satu kesusahan di hari kiamat. Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah akan menolong seorang hamba selama hamba itu mau menolong saudaranya." (HR. Muslim).

bbe743ab47b46a94764542b53dc09fa6.jpg

Sahabat, inilah nasib tukang becak balik megahnya ibukota. Meskipun kendaraan umum ini cukup dimakan zaman, namun masih banyak sekali yang menggantungkan kehidupannya melalui profesi ini.

65e41198c85ac5a168e4d05d777fdff8.jpg

Mari kita bantu mereka dengan memberikan dukungan doa dan donasi seikhlas kita, insyaAllah apa yang kita perbuat pada hari ini, Allah Swt akan membalasnya dengan sebaik-baiknya kebaikan pula, amin.
Diclaimer:

  1. Bantuan yang diberikan kepada tukang becak berupa santunan dan bantuan paket pangan
  2. Fundraising ini adalah bagian dari Program Mobile Social Rescue (MSR) ACT Aceh yang fokus dalam masalah social masyarakat.
  3. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi Staf Program ACT Aceh: Rikar Maulana (+62 852-6005-7477)

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang