Warga Wakatobi Sulit Akses Fasilitas Medis, Yuk Wakafkan Ambulans Speedboat!

Pasien kerap tak tertolong, bantu warga Wakatobi capai akses fasilitas kesehatan terdekat dengan Wakaf Ambulans Speedboat!

Simpan

Warga Wakatobi Sulit Akses Fasilitas Medis, Yuk Wakafkan Ambulans Speedboat!

Target

0 0

0%
0 97 hari tersisa

Warga Wakatobi Sulit Akses Fasilitas Medis, Yuk Wakafkan Ambulans Speedboat!

Update : 15 Sep, 2021


Pernah dengar tentang Wakatobi? Kepulauan yang sungguh indah di Sulawesi Tenggara ini jadi salah satu tujuan wisata para turis mancanegara. Sayangnya, kehidupan warganya tak seindah pemandangan pantainya.
8892e17c0b02ebd5f5fa7976e597e26f.png
(sumber: website resmi pemkab Wakatobi)

Kabupaten Wakatobi terdiri dari pulau-pulau yang terhampar di bagian tenggara pulau Sulawesi. Jumlahnya banyak dan cukup berjauhan, sehingga untuk menjangkau ke setiap daerah diperlukan sarana transportasi laut.

Seperti layaknya kabupaten di wilayah kepulauan lainnya, ketersediaan pelayanan kesehatan masih cukup menjadi masalah di Wakatobi. Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Wakatobi yang berada di Wanci pun, sebagai satu-satunya rumah sakit di wilayah ini, masih sangat kurang pelayanan yang disebabkan keterbatasan sarana dan prasarana. Terutama sarana speedboat ambulance yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, Pulau Binongko untuk mencapai Rumah Sakit Umum Daerah di Pulau Wanci.

Sebagai gambaran, jarak antara Pulau Tomia ke Baubau mencapai 11 jam perjalanan dengan kapal reguler bertarif diatas Rp 100.000,-; itu pun hanya beroperasi sekali sehari. Jadi, ibu hamil yang akan bersalin harus bersabar dengan jadwal yang ada serta perjalanan yang lama.

6e06b1b9c66e68dd9d289005547dfe13.jpg

Sewa kapal sepertinya menjadi hal yang mustahil bagi penduduk wilayah ini karena harga sewanya mencapai kisaran di atas Rp 10.000.000,- per kali sewa. Jadi, bukan cerita baru bila pasien darurat yang dirujuk ke Baubau kemudian meninggal dunia sebelum sampai ke tempat rujukan. Jarak Pulau Tomia ke Wanci di Pulau Wangi-wangi sebenarnya lebih pendek. Dalam perjalanan yang kami arungi dengan kapal cepat, bisa tercapai 3 – 3,5 jam perjalanan menggunakan kapal penumpang pada umumnya.

8c75e8e374f620ad4d9ea2aa860762cd.jpg

Insya Allah dengan hadirnya Ambulance Speedboat nantinya menjadi solusi untuk masyarakat di Wakatobi. Warga sangat berharap ada kapal cepat atau speedboat yang beroperasi di wilayah ini, agar bisa mengurangi risiko kegawatdaruratan. Speedboat untuk penumpang diperkirakan dapat menyeberangi lautan hanya dalam waktu kurang dari tiga jam, tentu peluang pasien tertolong akan lebih besar. “Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba, selama ia mau membantu saudaranya” (HR. Muslim)

InsyaaAllah, tim Masyarakat Relawan Indonesia berkolaborasi dengan Komunitas Winulu Wakatobi akan berikhtiar maksimal menghadirkan Speedboat Ambulance yang akan memudahkan masyarakat kepulauan di wilayah Wakatobi.

Speedboat ini tak hanya berfungsi menjadi sarana transportasi aksi-aksi kemanusiaan, tetapi juga dilengkapi fasilitas medis untuk pertolongan pertama, sehingga pasien-pasien dalam kondisi darurat bisa segera mendapatkan penanganan. Sahabat Dermawan, untuk mewujudkan harapan ini, kepedulianmu amat dinantikan. Yuk patungan sedekah Speedboat Ambulance bersama MRI Wakatobi laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Wakaf Sekarang