Kampung Laut Krisis Air, Warga Terpaksa Minum Air Asin, Ayo Bantu Mereka!

Mari bersama bantu saudara kita di Kampung Laut untuk bisa mendapatkan Air Bersih dengan Droping Air Bersih.

Simpan

Kampung Laut Krisis Air, Warga Terpaksa Minum Air Asin, Ayo Bantu Mereka!

Target

0 0

0%
0 64 hari tersisa

Kampung Laut Krisis Air, Warga Terpaksa Minum Air Asin, Ayo Bantu Mereka!

Update : 17 Sep, 2021


Sahabat, apa jadinya kita hidup dalam keadaan kekeringan tidak ada air untuk menjalani kehidupan? Ditambah lagi, air yang ada sudah mengalami pencemaran. Hal ini terjadi pada desa Kampung Laut yang merupakan sebuah wilayah di Kecamatan Cilacap. Daerah yang berada disisi Barat Jawa Tengah dan berbatasan dengan Jawa Barat ini mengalami krisis air bersih.

c805f71ae5ae34dad5c0f95c9a2c6b44.jpg

Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Segara Anakan yang membentuk beberapa desa seperti Desa Ujungalang, Desa Ujunggagak, Desa Klaces dan Desa Panikel. Setidaknya terdapat sekitar 14 ribu jiwa penduduk di empat desa yang ada di Kampung Laut yang mayoritas bekerja sebagai nelayan, petani dan buruh serabutan. Sebagai transportasi utama masyarakat di Kampung Laut yakni menggunakan perahu yang dapat ditempuh dalam waktu 2,5-3 jam perjalanan dari Kota Cilacap.

6b04188fa0983a2b22bf2a08d8bd2d99.jpg

Krisis air bersih yang terjadi karena 11 mata air di Pulau Nusakambangan yang selama ini dimanfaatkan warga setempat, kini terintrusi air laut. Ribuan warga yang tinggal di Kampung Ujung Alang tersebut, terpaksa tetap mengonsumsi air dari mata air yang sudah terintrusi air laut itu. Ada sebelas mata air, yaitu, Selok, Landak, Jambean, Gua Karang, Masigit Sela, Sikutan, Klapa Kerep, Sodong Geblug, Beji, Nusa Manuk, Jongor Asu, dan Legok Pari.

58313b96d4208a534db86933ce188c02.jpg

Selama ini, warga kampung laut mengandalkan kebutuhan air dari mata air atau air hujan. Namun pada saat musim kemarau beberapa bulan lalu debit air terus menyusut, bahkan rasanya menjadi asin

Setiap hari, antara 50-70 perahu terlihat antri untuk mendapatkan air dari lokasi penampungan. Padahal, jarak antara mata air dengan tempat tinggal warga cukup jauh. Sebab, mata air itu menempel di Pulau Nusakambangan. Misalnya, jarak antara Desa Ujung Gagak dengan sumber mata air sekira 30 menit perjalanan menggunakan perahu. Untuk mendapatkan air bersih, warga Kampung Laut harus merogoh uang minimal Rp 100 ribu di sumber air terdekat.

a713e25094a6e7c574e6d4892f9078cf.jpg

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibu saya telah meninggal. Bolehkah saya bersedekah atas nama beliau?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Boleh”. Sa’ad bertanya lagi: “Sedekah apa yang paling utama, wahai Rasulullah?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Sedekah berupa air minum” (HR. An Nasa’i no.3666, dihasankan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i).

InsyaAllah akan dilakukan Distribusi Air Bersih menggunakan Humanity Water Tank dan juga Pembuatan Tempat Penampungan Air Bersih. Proses Distribusi juga insyaAllah dilanjutkan menggunakan Perahu karena akses menuju Kampung Laut melewati Muara dan Selat Nusakambangan

Sahabat, ringankan duka saudara kita di Kampung Laut yang terdampak Krisis Air Bersih. InsyaAllah ACT Purwokerto akan distribusikan Air Bersih dan juga Pembuatan Tempat Penampungan Air di masa darurat ini. Mari sampaikan kepedulian terbaik melalui laman aksi ini! Mari bersama bantu saudara kita di Kampung Laut untuk bisa mendapatkan Air Bersih dengan Droping Air Bersih.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang