Hidup Sebatang Kara, Mari Bantu Bedah Rumah dan Cukupkan Pangan untuk Mbah Nawan!

Hidup sebatang kara di rumah kayu yang penuh dengan barang rongsokan membuat hidup Mbah Nawan serba kekurangan. Yuk, berikan sedekah terbaikmu untuk membantu renovasi rumahnya agar dapat hidup dengan nyaman dan udara yang sehat.

Simpan

Hidup Sebatang Kara, Mari Bantu Bedah Rumah dan Cukupkan Pangan untuk Mbah Nawan!

Target

0 0

0%
0 64 hari tersisa

Hidup Sebatang Kara, Mari Bantu Bedah Rumah dan Cukupkan Pangan untuk Mbah Nawan!

Update : 22 Sep, 2021


Sahabat, hari ini kita berkenalan dengan salah seorang lansia dari Kampung Gayau Sakti yang biasa disebut dengan Mbah Rongsokan. Nama aslinya, Mbah Nawan. Hanya sebatang kara tanpa sanak saudara membuat ia hidup penuh dalam keterbatasan.

Kisah bermula saat pertama kali ia dan temannya merantau dari Pulau Jawa ke Lampung untuk mencari pekerjaan. Kuli bangunan di suatu proyek pembangunan menjadi pekerjaan pertamanya. Namun seiring berjalannya waktu, karena kondisi umur dan kesehatan yang semakin menurun, akhirnya Mban Nawan memutuskan untuk mencari rongsokan di sekitaran Bandar Jaya sampai wilayah Poncowati.

d2a4e317af076182104b5dd970e9be7a.jpg

Pada tahun 2018 saat mencari rongsokan, ia ditawari rumah papan dengan harga 3 juta. Pria berumur 56 tahun ini pun membelinya dari hasil jual rongsokan selama satu tahun. Namun sekarang kondisi Mbah Nawan sangat memprihatinkan. Dari segi ekonomi, ia hanya mengandalkan dari hasil rongsokan. Sedangkan untuk makan sehari-hari, Mbah Nawan pun hanya mengandalkan pemberian dari Sahabat Dermawan.

5759bddb02c1dc1ffe2bf62cc78fb8d6.jpg

Kondisi rumah yang Mbah Nawan huni penuh dengan barang rongsokan. Alasannya jika barang-barang itu dibiarkan di luar, maka akan terkena hujan dan kepanasan. Sedangkan untuk tidur, Mbah Nawan hanya beralaskan ranjang kecil berukuran 1m x 2m dan itu juga tempat ia meletakkan baju-bajunya. Tidurnya pun tidak menggunakan bantal dan selimut karena memang tidak punya. Jika ingin mandi, Mbah Nawan masih menumpang di tempat air umum, Balai Gayau Sakti atau juga sering di sumur warga sekitar.

6a0cb4d7abfd987f88ca461310a5a8bd.jpg

Menurut pengakuan dari Kepala Dusun, sebenarnya Mbah Nawan ini sudah diusulkan di pendataan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2020. Namun karena identitas diri Mbah Nawan, masih domisili di Poncowati, maka baru bisa diusulkan di tahun 2021 ini. Alhamdulillah juga sudah diusulkan dimasukkan dalam Basis Data Terpadu (BDT). Namun, karena proses untuk mendapatkan bantuan itu panjang, maka sampai saat ini, belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Hanya saja, banyak warga yang sering berkunjung ke rumah Mbah Nawan untuk memberikan bantuan.

Dengan kondisi fisik yang sudah tua Mbah Nawan sudah tidak mampu untuk bekerja berat. Jangankan untuk membangun rumah, makan untuk sehari-hari saja terkadang Mbah Nawan bingung harus mencari kemana. Kondisi rumah yang sempit dicampur dengan rongsokan membuat udara tidak sehat ditambah lagi dengan lantai yang masih tanah dan atap yang bocor membuat hidup tidak nyaman.

4cb3c706e3e1878f97800707b7e77a5b.jpg

“Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat ..." (HR Muslim)."

InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Cabang Kota Bandar Lampung akan merenovasi rumah tersebut dan memisahkan antar rumah dan gudang tempat meletakan rongsokan. Sementara tim juga akan memberikan paket pangan untuk Mbah Nawan.

Sahabat Dermawan, Ayo ringankan duka Mbah Nawan dengan sedekah terbaikmu untuk membantu renovasi rumahnya agar dapat hidup dengan nyaman dan udara yang sehat. InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap dan masyarakat Relawan Indonesia akan berupaya maksimal untuk mengumpulkan donasi untuk Mbah Nawan. Bismillah.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang