Wujudkan Pesantren yang Layak Untuk Santri di Pondok Pesantren Al-Muslih

Tempat belajar hanya berdindingkan bilik bambu tak menyurutkan semangat mereka untuk terus menuntut Ilmu. Yuk hadirkan Pesantren yang layak untuk Santri Ponpes Al-Muslih!

Simpan

Wujudkan Pesantren yang Layak Untuk Santri di Pondok Pesantren Al-Muslih

Target

0 0

0%
0 64 hari tersisa

Wujudkan Pesantren yang Layak Untuk Santri di Pondok Pesantren Al-Muslih

Update : 22 Sep, 2021


Assalamu’alaykum Sahabat Dermawan dan Orang Baik!

Saat menuntut ilmu, kita akan dengan mudah mendapatkannya jika dalam suasana yang nyaman. Bagaimana jika diantara kita saat menuntut ilmu masih ada yang menggunakan fasilitas seadanya bahkan bisa di sebut tidak layak? Ternyata masih ada diantara kita.

Salah satu pondok pesantren untuk para Santri yang merupakan tempat mereka mencari ilmu adalah Pondok Pesantren Al-Muslih, bertempat di desa Sukamaju, kec. Cilaku, kab. Cianjur. Ruang kelas dan Pondok Pesantren tempat menuntut ilmu dan mushola di pesantren ini berdindingkan bilik bambu beratapkan kayu.

3f3a75fb98971c8ed4191993d7cdefb6.png

Jumlah santri yang terdata saat ini yaitu sebanyak 40 santri, para santri diberikan akses belajar gratis dari pesantren, para santri pun merupakan dari keluarga pra sejahtera dari beberapa daerah di Cianjur. Dengan fasilitas yang seadanya tidak menyulutkan semangat para santri dalam menuntut ilmu agama sebagai bekal untuk mensyiarkan di masa yang akan datang.

Di sini juga terdapat mushola yang berdindingkan bilik bambu dan atap kayu, kegiatan peribadatan para santri dilakukan di mushola ini. Meskipun berdindingkan bilik bambu dan atap kayu para santri tetap beribadah dengan khusyuk. Ada kekhawatiran dari para santri jika ada angin ribut yang datang, karena mushola maupun ruang belajar di pesantren Al-Muslih ini dekat dengan persawahan, mereka berharap agar bisa dibangunkan mushola yang lebih baik.

Banyak dari kita bisa mendapatkan air wudhu yang sangat bersih, namun berbeda dengan para santri di Al-Muslih, santri-santri di sana menggunakan air dari saluran pembuangan irigasi yang digunakan baik itu untuk mandi, maupun berwudhu. Padahal air dari saluran pembuangan irigasi ini sangat diragukan kebersihannya.

“mau bagaimana lagi Pak, sumber air terdekat dan mudah di dapat adalah saluran dari hasil pembuangan irigasi Pak.” Ucap Fauzan (17) seorang santri ketika di tanya terkait sumber air untuk pondok pesantren Al-Muslih.

Dapur umum dari pesantren ini hanya memiliki 1 kompor dan beberapa alat masak, sedangkan untuk memasak makan para santri terkadang ada donatur yang mengirimkan, karena untuk menyiapkan makan dikhawatirkan hasil masakan akan lama selesai apalagi pada saat siang di kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Sahabat Dermawan dan Orang Baik, ini merupakan kesempatan kita untuk bisa membantu saudara-saudara kita yang sedang menuntut ilmu. Selain kita membantu mereka, insyaAllah pahala jariyah juga akan sampai kepada kita.

Oleh karena itu, kami mengajak Sahabat Dermawan dan OrangBaik untuk bersama-sama mewujudkan Pesantren yang layak di Pesantren Al-Muslih dengan cara:

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang