Antri Wudhu Berjam-jam, Bangun MCK Layak untuk Santri Pedalaman Maluku

Tak miliki MCK yang layak, para santri di pesantren pelosok Kabupaten Buru ini sering terperosok ke dalam lumpur. Sahabat, yuk bantu hadirkan MCK layak untuk para santri!

Simpan

Antri Wudhu Berjam-jam, Bangun MCK Layak untuk Santri Pedalaman Maluku

Target

0 0

0%
0 95 hari tersisa

Antri Wudhu Berjam-jam, Bangun MCK Layak untuk Santri Pedalaman Maluku

Update : 23 Sep, 2021


"Iya kak, setiap hari katong mau mandi harus antri untuk mandi dan ketika berwudhu, katong punya kaki masuk di lumpur," ucap Aulia, salah satu santri.

Pesantren Al-Anshor terletak di Desa Jikumerasa, Kecamatan Lilialy, Kabupaten Buru, dan dirikan sejak tahun 2018 atau sekitar 3 tahun lalu. Terdapat 90 santri yang belajar di sana, diantaranya 48 ikhwan, 42 akhwat dan terdapat 16 orang tenaga pengajar. Meski sudah 3 tahun berdiri, pesantren masih belum memilik MCK layak dan santri menggunakan MCK yang sudah lapuk.

dcce3bdcda802565f7ceecac7dff1c9b.jpg

Kondisi MCK ini sungguh memprihatinkan karena terbuat dari seng bekas dan kayu sudah terlihat lapuk. Para santri khawatir suatu ketika MCK itu roboh tertimpa mereka. Jumlah MCK yang tersedia pun masih sangat minim. Terdapat 2 bilik MCK yang digunakan oleh para santri yang jauh dari kata layak, padahal MCK layak dibutuhkan oleh para santri untuk berwuduh dan menyucikan diri. Akibat minimnya MCK, para santri berjam-jam untuk antri ketika mandi dan berwudhu.

fbdce8cb72f06bb4c32579881c0a319c.jpg

"Anak-anak santri kami ini begitu hebat, walau keadaan serba terbatas, mereka tidak bersungut tetapi justru semakin rajin untuk menghafal dan belajar. Kami ingin sekali untuk menambah dan memperbaiki MCK yang sudah ada, tetapi kami mengdahulukan kebutuhan pangan sehari-hari para santri. Kami berharap ada dermawan yang mau membantu kami," ucap Ustadz Muhammad Yahya.

Untuk belajar di pesantren ini, para santri tidak pungut biaya, karena kebanyakan santri di Pesantren Al-Anshor ini adalah kalangan kurang mampu, yatim piatu serta mualaf.

fcc6ff4d0cb9324348be442a2a59bf90.jpg

"Siapa yang membangun madrasah karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga." (HR. Ibnu Majah)

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Maluku akan melakukan renovasi dan penambahan MCK layak untuk santri di Pondok Pesantren Al-Anshor. Sahabat, mari raih amal jariyah dengan membangun MCK yang lebih layak untuk Pondok Pesantren Al-Anshor dengan sedekah terbaik melalui laman ini.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang