Wakaf Modal Usaha Pesantren Tahfidz di Pedesaan

Pondok Thafidzul Quran Raudhatul Huda menerima santri dari berbagai kalangan. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan biaya pendidikannya para santri dan pengasuh pondok membuat usaha dengan dana seadanya yang dimiliki.

Simpan

Wakaf Modal Usaha Pesantren Tahfidz di Pedesaan

Target

0 0

0%
0 64 hari tersisa

Wakaf Modal Usaha Pesantren Tahfidz di Pedesaan

Update : 27 Oct, 2021


Hafiz qur’an para pengasuh pondok bahu membahu memenuhi kebutuhan hidup dan biaya pendidikan.

Sahabat, apa yang ada di benak kalian ketika melihat santri?

Berdirinya pondok pesantren tahfidz dari tanah wakaf di Dusun Murang Agung Kebondalem Bareng Jombang memberi semangat para anak-anak perdesaan bergabung dalam kegiatan tahsin maupun tahfidz. Banyaknya santri yang belajar ternyata tidak diimbangi dengan pemenuhan administrasi yang layak mengingat mayoritas orang tua santri adalah petani. Di sisi lain pengelola pondok juga harus memikirkan kesejahteraan para ustadz-ustadzah yang telah dengan ikhlas dan penuh semangat berjuang menghabiskan waktu kesehariannya untuk mengajarkan Al Quran kepada para santri maupun masyarakat sekitar.

934891273f499f683d66f3b5c6834c38.jpg

Membuka usaha adalah salah satu upaya untuk memenuhi kesejahteraan yang layak bagi para pengajar agar pembelajaran Al Quran tetap eksis di tengah gempuran gelombang sekularisme dan aktivitas lain yang menjauhkan agama. Butuh bantuan para donatur agar usaha berjalan bisa secara maksimal. Mengingat di satu sisi pondok membebaskan biaya hidup sehari-hari dan pendidikan para santri yatim dan miskin.


b4752755a97d6610e0e2988c0b1e9738.jpg

Di pondok yang sederhana ini terdapat 20 santri pondok mukim dan 70 santri tahsin. Dari santri yang ada, pelan namun pasti telah tuntas hafal 30 juz. Tidak hanya mengafal Al Quran, sisi pendidikan juga menjadi prioritas yang tak kalah penting. Beberapa santri duafa telah memasuki perkuliahan dengan tetap pembiayaan ditopang oleh pondok sepenuhnya.


7f38b24c6dc328872046646c35797054.jpg

Untuk mencukupi kebutuhan sehari- hari santri pondok dan biaya pendidikannya, para santri dan pengasuh pondok bahu membahu mengupayakan dengan cara berjualan. Dengan modal seadanya yang dimiliki pondok, para pengasuh bersama para santri membuat usaha budidaya jamur, membuat pentol, dan makanan ringan lainnya untuk dijual. Hasil dari penjualan nantinya akan digunakan untuk operasional pondok dan biaya pendidikan para santri dan kafalah para ustadz-ustadzah.


c331f13b9da198853cacb95daebd92d6.jpg
Beginilah keadaannya ..
Semua dilakukan dengan ikhlas…semata-mata demi kemuliaan Al-Qur’an. Melihat kondisi ini Tim ACT Jombang berikhtiar untuk memberikan bantuan modal usaha untuk Pondok Tahfidzul Quran ini. Dengan modal usaha diharapkan menjadi penyemangat para santri dan pengajar untuk terus memuliakan Al-Quran dan pendidikannya sehingga tercipta generasi Qur’ani.

“ Wahai orang-orang yang beriman jika kamu menolong agama Allah niscaya Ia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (Q.S. Muhammad:7)

Kemurahan hati Sahabat Dermawan semangat bagi kami untuk bersama-sama menguatkan perjuangan pembelajaran Al Quran. Siapa yang berjuang untuk agama Allah SWT maka Allah SWT akan meluaskan baginya kebahagiaan dunia dan akhiratnya.

Sahabat, mau kah kalian turut membantu mewujudkan generasi baru yang Qur’ani? Mari bersama kita ciptakan generasi masa depan penerus bangsa yang baik dan taat terhadap tuntunan Rasulullah SAW.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang