Bantu Tegakkan Surau yang Hampir Roboh di Pelosok Tuban

Sudah 30 tahun berdiri, Surau Darussalam di pelosok Tuban ini belum pernah direnovasi dan kini kondisinya sangat memprihatinkan. Sahabat, yuk bantu renovasi surau ini agar jamaahnya nyaman beribadah!

Simpan

Bantu Tegakkan Surau yang Hampir Roboh di Pelosok Tuban

Target

0 0

0%
0 95 hari tersisa

Bantu Tegakkan Surau yang Hampir Roboh di Pelosok Tuban


"Kadang takut tergelincir ketika mau masuk surau, karena lantainya licin, berlumut dan gelap ketika subuh. Apalagi ketika turun hujan, sangat mengkhawatirkan," ujar De Jah, salah satu jamaah Surau Darussalam.

Kondisi surau ini sangat memprihatinkan. Temboknya banyak yang retak dan hancur, dan lantainya juga pecah. Kayu atapnya sudah banyak yang lapuk dan dimakan rayap. Gentengnya juga sudah mulai lapuk karena sudah lebih dari 30 tahun tidak pernah diganti. Pintunya juga sudah mulai rusak. Dinding bagian belakang yang masih terbuat dari kayu juga mulai dimakan rayap. Besi jendela sudah rusak dan berkarat. Tidak ada lemari untuk tempat Alquran, mukena, sarung dan sajadah. Banyak jama’ah yang takut surau ini roboh saat menjalankan ibadah didalamnya. Apalagi jika hujan disertai angin kencang jama’ah semakin takut dan tidak nyaman dalam beribadah.

799cebeea5d8ff76c945a6e9a5610146.jpg

Tempat wudhu di surau ini juga sangat tidak layak. Lantai sudah rusak sehingga banyak jama’ah terutama ibu-ibu yang sudah lanjut usia takut jatuh. Tempat wudhu yang pendek membuat kepala jama’ah sering terbentur saat berwudhu. Lampu penerangan juga kurang sehingga gelap. Jika shalat subuh jama’ah terutama ibu-ibu harus melangkah hati hati ke tempat wudhu agar tidak terpeleset.

Surau ini juga tidak memiliki kamar mandi dan toilet sehingga jika ada jamaa’ah yang mau buang air, harus kembali ke rumahnya lebih dulu. Surau juga tidak memiliki sumur sendiri sehingga air wudhu diambil dari sumur milik warga. Masih beruntung karena ada warga yang mau membagi air sumurnya untuk mushola.

f84e2d11898ee33782f60fbac87a5098.jpg

Surau ini juga lokasinya ada di belakang pemukiman warga. Tersembunyi. Tidak berada ditengah tengah pemukiman warga. Jalan menuju mushola gelap sehingga kalau subuh banyak anak-anak yang tidak berani ke surau. Banyak yang menganggap lokasi sekitar surau angker karena kondisi gelap tersebut.

Kondisi ini membuat banyak jama’ah memilih shalat di rumah dan anak-anak lambat laun mulai berhenti ngaji di surau ini, padahal dulu banyak sekali anak-anak yang bersemangat dengan sepeda kecilnya berangkat ngaji ke surau ini. Surau yang semakin memprihatinkan ini membuat anak-anak pindah tempat mengaji. Mereka pindah ke kampung sebelah yang mushlanya lebih bagus.

4de5f6b660ada70cc7e1b920a02cae5f.jpg

"Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga." (HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533)

InsyaaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Surabaya akan berikhtiar membantu membangun surau tua yang hampir roboh ini bagi warga Desa Sambong Lombok, Tuban. Lantai, dinding dan atapnya akan diperkuat, MCK dan tempat wudhunya juga akan dibuat. Bismillah, semoga Allah mudahkan.

d40de8d2aab6c493e6693cb4ce570435.jpg

Besar harapan warga Desa Sambong Lombok agar suraunya dibangun agar jamaah lebih nyaman beribadah, surau lebih terang sehingga mudah dijangkau. Jama’ah tidak takut lagi saat shalat subuh, tak khawatir jatuh saat wudhu dan tentunya tidak khawatir lagi surau roboh saat hujan angin datang. Yuk sahabat, bantu wujudkan mimpi warga desa ini.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang