Gunakan Air Kolam Keruh, Wujudkan Sumur Wakaf Kampung Mualaf Tepian Negeri

Hadirkan sumur wakaf mualaf tepian negeri untuk kebutuhan sehari-sehari mereka dalam menguatkan akidah dan keistiqomahan meyakinkan iman.

Simpan

Gunakan Air Kolam Keruh, Wujudkan Sumur Wakaf Kampung Mualaf Tepian Negeri

Target

0 0

0%
0 123 hari tersisa

Gunakan Air Kolam Keruh, Wujudkan Sumur Wakaf Kampung Mualaf Tepian Negeri

Update : 02 Oct, 2021


Kampung Mualaf yang berada di daerah oleh perkebunan sawit, jarak yang ditempuh untuk menuju ke jalan utama kota sekitar 12 km. Selain daerah perkebunan sawit dan jaraknya yang jauh, struktur jalan yang masih berupa bebatuan juga menjadi kesulitan bagi warga untuk memperoleh air. Banyak saudara-saudara mualaf dari daerah lain bahkan dari luar provinsi yang datang ke kampung ini untuk bersilaturrahmi dan melakukan pembinaan akidah.

f9046505a75adf84a24d9d9c34e05697.jpg

Inilah yang dirasakan warga Kampung Mualaf, Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Tercatat lebih dari 134 Kepala Keluarga tinggal di kampung mualaf tersebut. Masyarakat Kampung ini ini mayoritas berprofesi sebagai buruh tani. Namun sayang, dengan jumlah warga yang cukup banyak, Kampung Mualaf ini tidak memiliki sumber air yang cukup.

4c213aef370bf8c0ebc10debeacb5182.jpg

Biasanya mereka menggunakan air kolam yang dibuat oleh warga mualaf (sungai kecil) yang ada di dalam wilayah kebun sawit untuk keperluan sehari-hari mereka. Mereka sudah sejak lama mengambil air dari kolam itu. Terkadang air berbau tidak sedap lantaran bercampur dengan pupuk kompos yang masuk dari kebun di sana.

f84d6831f542307996e81362d0c108a2.jpg

Kebutuhan akan air bersih ini sangat dirasakan warga, kala menggunakan fasilitas umum seperti Mushola dan Pesantren Tahfidz. Sarana beribadah ini menampung setidaknya 60 jamaah. Tak hanya untuk menjalankan ibadah sholat 5 waktu, mushola ini juga menjadi tempat untuk mengaji anak-anak ba'da ashar dan magrib. Di kampung tersebut juga ada pesantren Tahfidz yang membina anak-anak mualaf dan yatim tanpa bayaran.

891bd36279e811a022acc7994db35713.jpg

Sementara itu, mereka pernah menggali menggali sumur tapi tidak berhasil karena kedalaman penggalian untuk mencapai mata air kurang lebih sekitar 27 meter dan harganya sangat mahal. Tidak ada pilihan lain, masyarakat di Kampung Mualaf ini pun hanya bisa menggunakan air kolam tersebut untuk minum dan mandi mereka.

536b3094d66a87d0c4b3f2ce9af84ab3.jpg

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: "Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala." (HR. Muslim).

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Subulussalam akan berikhtiar untuk membangun sumur wakaf di Kampung Mualaf. Sumur ini nantinya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dan santri Tahfidz.

Sahabat Dermawan, mari kuatkan ikhtiar kita untuk menghadirkan sumur wakaf bagi para masyarakat di Kampung Mualaf!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang