Air Keruh Berkarat Dikonsumsi Warga, Mari Alirkan Air Bersih untuk Warga Kecamatan Kudu Jombang!

Saat ini kondisi sumur warga kering. Permasalahan di Dusun Kepuhrejo tidak hanya sumur yang kering, tetapi juga pada rumah panel, pipanisasi yang mengalirkan air, juga tandon air.Warga hanya bisa pasrah dengan keadaan alam.

Simpan

Air Keruh Berkarat Dikonsumsi Warga, Mari Alirkan Air Bersih untuk Warga Kecamatan Kudu Jombang!

Target

0 0

0%
0 74 hari tersisa

Air Keruh Berkarat Dikonsumsi Warga, Mari Alirkan Air Bersih untuk Warga Kecamatan Kudu Jombang!

Update : 11 Oct, 2021


Minum air segar nan bersih adalah keinginan setiap orang? Namun, apa jadinya jika air yang mengalir tercampur karat berwarna keruh?

b46255363f91338d13343f0f5229061f.jpg
Bagaimana bisa hidup sehat jika air yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh tidak layak, itulah yang menjadi keluhan utama warga Dusun Ngerayun Desa Kepuhrejo Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, daerah ini kering dan sulit air. Tanahnya kering dan struktur tanahnya yang rapuh menyebabkan warga Kepuhrejo semakin kesulitan mendapat air bersih. Data dari balai desa setempat menunjukkan jumlah penduduknya kurang lebih 800 jiwa dan mata pencaharian utama warga Dusun Ngerayun adalah petani tembakau. Tingkat ekonomi penduduknya rendah.

Saat ini kondisi sumur warga kering. Untuk mendapat supply air warga harus mengeluarkan uang minimal Rp 350.000,- untuk satu tanki air bersih. Sungguh hal yang sangat sulit bagi warga kepuhrejo. Warga hanya bisa pasrah dengan keadaan alam. Permasalahan di Dusun Kepuhrejo tidak hanya sumur yang kering, tetapi juga pada rumah panel, pipanisasi yang mengalirkan air, juga tandon air.

c507d5144cd94d13650c7722fb5bc7e7.jpg

Terkadang sumber air bisa dipompa melalui rumah panel di dusun tersebut. Namun, kondisi panelnya seringkali macet karena sudah tua dan usang. Sedangkan kebutuhan air warga tidak akan pernah berhenti. Warga terus menggunakan panel karena hanya ada satu rumah panel di dusun ini. Setelah dipompa dari rumah panel air dialirkan ke dua tandon air di dusun, tetapi kondisi pipa yang mengalirkan air sudah berkarat sehingga air yang mengalir berwarna keruh kecoklatan bercampur karat. Dibangun pada tahun 1980 dan hingga kini belum pernah dilakukan perbaikan karena minimnya anggaran yang dimiliki.

6ced0eef81be11c82e0dbe412295140d.jpg

Air yang mengalir digunakan warga untuk kebutuhan sehari hari-hari. Mulai dari konsumsi air minum, memasak, dan keperluan lain seperti mencuci. Sahabat bisa kita bayangkan air yang tercampur karat dikonsumsi setiap harinya. Sungguh tidak layak dan tidak menyehatkan tubuh.

c552603017f310bac4baf8dedc5581a8.jpg

Dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Wahai Rasulullah, bahwasanya Ummu Sa’ad (ibundaku) meninggal dunia. Sedekah apakah yang afdal untuknya?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Sedekah air.” Lantas Sa’ad pun menggali sumur untuk ibunya, lalu ia mengatakan, “Ini sumur untuk Ummu Sa’ad (ibundaku).” (HR. Abu Daud, no. 1681)

Melihat kondisi ini tim Aksi Cepat Tanggap Jombang berikhtiar untuk membangun sumur wakaf bor dalam, melakukan pengadaan dan pemasangan pompa, serta melakukan renovasi tandon air yang sudah mulai rapuh. Semoga iktiar ini memberikan manfaat untuk warga sekitar agar bisa terus mengkonsumsi air yang layak. Mau kah sahabat membantu saudara kita agar bisa mengkonsumsi air bersih? Mari hadiahkan aliran air bersih melalui wakaf terbaik sahabat!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang