Puluhan Ibu Hamil Keguguran Tanpa Pertolongan, Hadirkan Armada Siaga untuk Desa Sapih

Terisolasi, banyak warga Desa Sapih, Probolinggo jadi korban terjalnya jalanan tanpa pertolongan medis layak. Puluhan ibu hamil keguguran akibat tak terangkut ambulans. Yuk hadirkan Armada Siaga Desa (ASA) untuk mereka!

Simpan

Puluhan Ibu Hamil Keguguran Tanpa Pertolongan, Hadirkan Armada Siaga untuk Desa Sapih

Target

0 0

0%
0 64 hari tersisa

Puluhan Ibu Hamil Keguguran Tanpa Pertolongan, Hadirkan Armada Siaga untuk Desa Sapih

Update : 08 Oct, 2021


"Negeri ini sudah lama merdeka mas, tapi kami masih belum merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya"

---

Apa rasanya hidup terisolasi di daerah pegunungan tanpa fasilitas umum yang memadai? Warga Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo tahu persis jawabannya. Seperti yang diungkapkan Pak Tonawar di atas; selama 76 tahun Indonesia merdeka, desa ini seakan luput dari perhatian.

bb4b39172323c3886da956cd64b4235b.jpg

Salah satunya dalam sektor kesehatan. Hanya ada satu puskesmas dan satu unit ambulans yang tersedia untuk melayani Desa Sapih. Ambulans itu pun berupa mobil biasa yang tidak bisa mencapai wilayah ekstrem. Padahal, kondisi topografi Desa Sapih yang berada di lereng pegunangan sangat terjal berbatu. Ditambah lagi, jarak antar dusun yang berjauhan, bahkan hingga mencapai 12 kilometer.

a10174c266e3e2d06e58fecb70c77b5b.jpg

Jalan desa ini begitu sempit, hanya 2 meter lebarnya. Jika memasuki desa, nampak sisi kanan adalah tebing yang rawan longsor saat musim penghujan, dan sisi kiri merupakan jurang. Mobil biasa seperti ambulans milik puskesmas hanya bisa mengantar jemput pasien hingga pusat desa, dan jelas takkan sanggup menanjak untuk masuk ke dusun-dusun yang lebih terpencil. Apabila ada warga meninggal yang mesti dimakamkan, warga lainnya akan menggotong jenazah sambil berjalan kaki berkilo-kilo meter.

00b80aa5f64e372d5aa4dd4fa08d4387.jpg

Dikutip dari data yang telah dirangkum Sekdes Sapih, total ada 30 warga meninggal akibat kecelakaan di jalan Dusun Tersono menuju Dusun Puncaksari. Terbaru ada 2 orang meninggal kecelakaan saat melintasi jalan Dusun Tersono menuju Dusun Sapih Sarirejo.

Tak hanya itu, ibu hamil pun turut menjadi korban. Sebanyak 25 kasus ibu hamil di lima dusun berbeda mengalami keguguran sampai melahirkan di jalan, akibat tak ada kendaraan yang andal saat kondisi darurat.

54087bac577d9a013136b541069d5055.jpg

Saat ini Pemerintah Desa beserta masyarakat tengah bergotong royong memperlebar jalan desa secara swadaya demi menjaga keselamatan bersama. Untuk membantu ikhtiar mandiri warga ini, insyaAllah Tim ACT Pasuruan akan membantu penyediaan Armada Siaga Desa (ASA) yang berupa mobil offroad 4x4 yang tahan dalam segala kondisi agar ibu hamil dan warga yang sakit bisa segera tertolong, serta berfungsi sebagai kendaraan pembawah jenazah.

e8905d17576f4fd7d53c890225c06887.jpg

Upaya ini juga butuh dukunganmu. Yuk, ikut serta hadirkan Armada Siaga Desa untuk Desa Sapih melalui laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang