Bangun Sumur Wakaf untuk 400 Warga Kurang Mampu di Desa Warung Jeruk

400 orang di Desa Warung Jeruk, Kecamatan Tegalwaru setiap tahunnya terancam kekeringan. Masyarakat tidak mampu membeli air, terpaksa naik turun 500 meter untuk mengambil air di sumber air terdekat.

Simpan

Bangun Sumur Wakaf untuk 400 Warga Kurang Mampu di Desa Warung Jeruk

Target

0 0

0%
0 53 hari tersisa

Bangun Sumur Wakaf untuk 400 Warga Kurang Mampu di Desa Warung Jeruk

Update : 12 Oct, 2021


Air tentu menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan. Kita bahkan dianjurkan untuk mengkonsumsi dua liter air atau setara dengan 8 gelas air setiap harinya. Sahabat mungkin dari kita masiih bisa dapat mengakses air yang layak dengan mudah, hanya tinggal menyalakan keran kita sudah bisa mendapatkan air. Namun sayangnya, saat ini masih banyak saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan untuk mengakses air.

Hal inilah yang dirasakan oleh masyarakat Desa Warung Jeruk, Kecamatan Tegalwaru. Meski Kecamatan Tegalwaru merupakan daerah yang memiliki Waduk, namun untuk masyarakat Desa Warung Jeruk harus menyebrang Desa lain dan jarak cukup jauh untuk mengambil air. Bila musim kemarau tiba, warga harus merasakan kesulitan air.

bcac78bd69a200c04dbaf757da97504c.jpg

Bila musim kekeringan tiba sekitar 3 RT (kurang lebih 400 warga) mengalami kekeringan. Ada beberapa opsi untuk mengakses air, yang pertama para kepala keluarga harus turun naik bukit sekitar 500 meter untuk mengambil air di sumber mata air dengan cara dipanggul. Opsi kedua mengantre untuk mengambil air di Sumur Kantor Desa yang memakan waktu berjam-jam hanya untuk mengantre. Opsi ketiga bagi yang mampu dapat membeli air bila ada truk pengangkut air seharga 2000 Rupiah 1 Jerigen yang hanya cukup dipakai untuk satu kali mandi.

2c3bb0334fabcb85d686113105a0567b.jpg

Sebagian besar warga yang mengalami kekeringan adalah warga yang kurang mampu. Mereka hanya mengandalkan menampung air hujan dari jauh hari karena tidak mampu membeli air. Ditambah untuk warga ibu-ibu dan jompo tidak bisa mengambil air di sumber mata air dikarenakan akses memasuki hutan bambu dengan jalanan turun ke bawah cukup curam. Sudah dipastikan setelah mengambil air di mata air, mereka harus memanggul air yang berat ditambah tanjakan cukup curam. Hal yang sulit dilakukan dilakukan para jompo dan ibu-ibu.

540db4f97a4f068a03e709db08cbdb0b.jpg

f84fb668f537d69eac38ca6bbd99c4b4.jpg

Sahabat dermawan tentu kita harus bersyukur bila saat ini dapat mudah mengambil air. Yuk ungkapkan rasa syukurmu dengan membantu membangun sumur wakaf dengan sedekah untuk saudara-saudara kita yang terancam kesulitan air di Desa Warung Jeruk, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

"Barang siapa yang menggali air (sumur), maka tidak minum darinya makhluk hidup baik jin, manusia dan burung kecuali Allah memberinya pahala pada hari kiamat." (HR Bukhari)

Insya Allah, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Purwakarta akan melakukan pembangunan sumur wakaf untuk warga Desa Warung Jeruk di titik yang sudah ditentukan. Diharapkan dengan hal ini, dapat mempermudah akses warga untuk memperoleh air bersih.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang