Berdiri Sejak 1909, Hadiahkan Mushaf Al-Qur'an untuk Santri di Surau Balai Batu Banyak!

Sudah 112 tahun Surau Balai Batu Banyak berdiri, menghasilkan banyak sekali anak-anak yang mampu membaca Al-Qur'an. Namun, Al-Qur'an di sana sudah mulai lusuh karena dipakai bertahun-tahun. Mari hadirkan mushaf Al-Qur'an untuk mereka!

Simpan

Berdiri Sejak 1909, Hadiahkan Mushaf Al-Qur'an untuk Santri di Surau Balai Batu Banyak!

Target

0 0

0%
0 105 hari tersisa

Berdiri Sejak 1909, Hadiahkan Mushaf Al-Qur'an untuk Santri di Surau Balai Batu Banyak!


Babaliak Ka surau atau kembali ke surau sudah menjadi tradisi pendidikan di masyarakat Minangkabau dari zaman dahulu kala. Meskipun tradisi itu sudah mulai berubah namun sampai saat ini masih bisa kita lihat di surau-surau terdekat, sepulang sekolah anak-anak pergi belajar mengaji.

Salah satunya di Surau Balai Batu Banyak, surau ini terletak di Nagari Batu Banyak, Kec. Lembang Jaya, Kab. Solok. Surau Balai sudah berdiri sejak tahun 1909 atau kurang lebih sudah berusia 112 tahun. MaasyaAllah, sampai saat ini Surau Balai masih aktif digunakan untuk untuk shalat berjamaah dan tempat anak-anak sekitar mengaji.

d801bd8bacff60eb79ed467ee0507d83.jpg

Anak-anak di sekitar surau mulai mengaji setelah shalat maghrib berjama’ah, duduk secara melingkar dan mengaji bergantian dan di bimbing oleh 6 orang guru mengaji. Saat ini ada lebih dari 60 anak yang mengaji di sana. Begitu setiap hari anak-anak mengaji di Surau Balai ini, di pagi hari mereka menuntut ilmu di sekolah lalu sore hari mereka pergi mengaji di Surau Balai.

72b44d6595c13bbe26883e7f9bff1cc5.jpg

Anak-anak Surau Balai mengaji menggunakan Iqro dan Mushaf Al-Qur'an yang disediakan oleh Surau Balai. Maka tidak heran Mushaf Al-Qur'an yang ada di sana sudah mulai lusuh karena digunakan bergantian oleh anak-anak dari tahun ke tahun.

MaasyaAllah, semoga setiap Mushaf Al-Qur'an menjadi saksi kelak di akhirat bahwa Mushaf ini bukan pajangan semata, tetapi dibaca dan dipelajari oleh anak-anak di Batu Banyak. Harusnya sudah saatnya diganti dengan Mushaf baru, namun hal tersebut belum bisa dilakukan karena keterbatasan dana. Anak-anak yang belajar mengaji di surau ini kebanyakan orangtua mereka bekerja sebagai petani sawah dan untuk iuran hanya dikenakan biaya 5 ribu perbulannya.

09b3b615b6ff91b66773ce73926f2542.jpg

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih." (HR. Muslim no 1631)

InsyaAllah tim ACT Solok Sumbar berikhtiar menyalurkan Al-Qur'an Tajwid untuk Surau Balai Batu Banyak, agar Al-Qur'an tersebut bisa digunakan oleh seluruh anak-anak dan jama’ah Masjid. Selain bantuan mushaf, insyaAllah akan diupayakan juga untuk pengadaan alat tulis, buku iqro dan peralatan pendukung mengaji anak-anak di pelosok Kabupaten Solok.

559cb418fdeb6fa725330962f711ef17.jpg

Ketika kita belum mampu terjun langsung mengajarkan kalam Allah, maukah setidaknya kita menyisihkan sebagian harta untuk mendukung pembelajaran Al-Qur'an? Sahabat, mari alirkan pahala jariyah dengan memberi wakaf mushaf Al-Qur'an gratis untuk anak-anak belajar mengaji di wilayah pelosok Kabupaten Solok dan sekitarnya.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kakak telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Wakaf Sekarang