back
home
Banner Detail
Bantu Bangun Rumah Layak Untuk Ibu Tunggal dan Yatim Bersaudara
Banner Content

Terkumpul

Rp6,970,351

dariRp30,000,000

51

Dermawan

0

Hari Tersisa

Act Logo 
ACT Tasikmalaya
Marker Primary 
Kota Tasikmalaya
 
|
 
Dibuat 13 Okt 2021
Ibu tunggal yang menghidupi 4 anaknya yang sudah yatim ini juga mengurusi orangtuanya yang sudah sepuh juga sakit, dan mereka tinggal dirumah rapuh. Yuk, bantu Ibu Isah dan keluarga tinggal dirumah layak.
Sahabat, perkenalkan ini Ibu Isah, beliau merupakan seorang ibu tunggal yang saat ini harus menghidupi 4 orang anaknya setelah suaminya meninggal dunia 6 tahun yang lalu karena sakit. Saat ini beliau tinggal di rumah yang telah ia tinggali selama 21 tahun di Kp Cikaret RT/RW 03/01, Setiawargi, Tamansari, Kota Tasikmalaya. Anak pertama, ketiga dan keempat Ibu Isah saat ini putus sekolah hanya sampai tingkat SD saja karena keterbatasan ekonomi yang dialami bu Isah dan keluarga.

866e3697cf87fc4259602947f5bc10f3.jpg

Selama ini, mereka tingal di rumah panggung semi permanen dengan kondisi yang tidak layak untuk ditinggali dan cukup memprihatinkan, Kondisi rumahnya sudah banyak bagian yang rapuh, atap dan dindingnya bolong-bolong, alas rumah yang hanya menggunakan papan kayu kini sudah rapuh, tak jarang saat hujan datang, seisi rumah kebasahan dan malam hari mereka kerap kedinginan. Rumah panggung ini menjadi tempat berteduh Bu Isah dan keluarganya dan hanya sehelai kasur beserta tikar yang tipis dan lusuh adalah satu-satunya perabotan yang mereka punya dan masih mereka pakai hingga hari ini.

Ibu Isah bekerja sebagai buruh dengan penghasilan Rp10.000 persetiap kali kerja, itupun kadang dibayar dengan 1 kilogram beras saja yang ia gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun penghasilannya ini tak bisa untuk menyekolahkan anaknya yang ketiga yang masih duduk dibangku SMP. Setiap harinya, jika ada yang memanggil untuk bekerja, Ibu Isah pergi ke ladang milik orang lain dan baru pulang ke rumah siang hari menjelang ashar. Kemudian ia lanjut untuk memasak nasi dari upah uang/beras yang ia terima dan seringkali mereka makan seadanya.

912c27d0aadd5da9c3893f19252806ab.jpg

Rumah semi permanennya ini tidak dilengkapi dengan MCK yang layak. Setiap hari mereka hanya ikut ke MCK milik tetangganya. Meskipun rumahnya reyot dan bolong-bolong namun itu menjadi tempat bernaung mereka selama ini. Ditengah keterbatasan hidup yang dialami, Bu Isah pun masih harus mengurusi dan menafkahi orangtuanya yang sudah sepuh dan sakit-sakitan.

Meskipun begitu beliau tetap bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepadanya, termasuk ujian dan amanat menjadi orangtua tunggal bagi anak-anaknya yang yatim dan juga berbakti kepada ibunya sebagai orangtua yang tinggal satu-satunya. Ia berharap agar anak-anaknya bisa tetap bersekolah, dan rumahnya ini bisa diperbaiki agar tak terus-terusan khawatir di segala musim.

a53b37f13a3fe338836f6834f2865828.jpg

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat."

InsyaAllah tim ACT Tasikmalaya beriktiar untuk membangun kembali rumah Bu Isah menjadi lebih layak, sehingga ia bersama keluarganya bisa tinggal ditempat yang aman, nyaman tanpa adanya rasa kekhawatiran.

Sahabat, mari ringankan beban Ibu Isah untuk merenovasi rumahnya sebagai tempat berteduh bersama keluarganya dengan bantuan terbaikmu. Yuk sampaikan kepedulian terbaik melalui laman aksi ini!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bantu Perbaiki Rumah Pak Muhadi yang Rusak Karena Banjir
Icon Image

ACT Jakarta Pusat

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 2,056,286

30

Rp6,970,351

Terkumpul dari Rp30,000,000