Berbagi Air dari Satu Teko, Bangun Sumur Wakaf Ponpes Sabilul Muttaqin

Sudah 20 tahun Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin kesulitan air bersih, kini dengan menggunakan teko mereka harus berbagi air bersih yang dimiliki. Penuhi kebutuhan air mereka, bangun Sumur Wakaf untuk mereka.

Simpan

Berbagi Air dari Satu Teko, Bangun Sumur Wakaf Ponpes Sabilul Muttaqin

Target

0 0

0%
0 55 hari tersisa

Berbagi Air dari Satu Teko, Bangun Sumur Wakaf Ponpes Sabilul Muttaqin

Update : 15 Oct, 2021


"Ayo, airnya dibagi ya adek-adek. Jangan banyak-banyak ya, ingat masih ada temannya di belakang yang belum wudhu juga," ungkap Ustazah saat membagikan air menggunakan teko.

Sahabat, pemandangan ini lah yang terjadi sehari-hari di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, Lumbang Pasuruan. Sebanyak 82 santri penghafal Al-quran harus mengantre untuk bisa berwudhu dengan air yang dialirkan melalui teko.



Kondisi ini bukan hal baru, sebab sudah lebih dari 20 tahun pondok ini harus mengalami kekurangan air. Mereka bahkan tidak memiliki sumbar air. Lokasi ponpes yang berada di wilayah tandus menyebabkan pembangunan sumur harus lebih dalam.

Demi memenuhi kebutuhan air para santrinya, ponpes harus membeli air dari mobil tangki dengan harga Rp 200.000 per hari. Jika ditotal dalam sebulan mereka harus menghabiskan dana sebesar Rp 5-6 juta.



Jumlah ini tentu bukanlah angka yang sedikit bagi ponpes, karena selama ini dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masih berasal dari para pengurus. Mayoritas santri adalah yatim dari luar daerah yang berasal dari keluarga prasejahtera, kadang mereka pun membayar dengan nominal seikhlasnya.

Sebelumnya pengurus ponpes sudah pernah membuat sumur bor tetapi karena kurang dalam, debit air yang keluar sangatlah sedikit dan tidak layak konsumsi. Lalu karena keterbatasan biaya, proses pembuatannya pun terhenti.



Melihat ujian yang tengah dialami oleh para santri di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pasuruan berikhtiar membuat sumur wakaf untuk memenuhi kebutuhan air bersih para santri. Maukah kamu turut membantu pembangunan sumur wakaf ini dan mengejar keberkahan amal jariyah?

Saad bin Ubadah Radhiyallahu'anhu bertanya kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air.” (HR. Abu Daud).

Sahabat, yuk hadiahkan sumur wakaf untuk santri penghafal Al-quran di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin dengan sedekah terbaikmu!

Semoga setiap bulir air yang membersihkan debu mereka saat mandi dan wudhu, kelak akan turut membersihkan kita dari dosa-dosa dan hisab yang berat di akhirat. Amin.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang