Alirkan Pahala Jariyah, Bangun Sumur Wakaf di Pesantren Miftahul Ulum

Santri ikhwan Ponpes Miftahul Ulum harus bersuci dengan air di kolam sedangkan santri akhwat harus mengandalkan air kurang bersih dari tetangga. Mari bangun Sumur Wakaf untuk para santri agar kehidupan mereka lebih sehat!

Simpan

Alirkan Pahala Jariyah, Bangun Sumur Wakaf di Pesantren Miftahul Ulum

Target

0 0

0%
0 53 hari tersisa

Alirkan Pahala Jariyah, Bangun Sumur Wakaf di Pesantren Miftahul Ulum

Update : 18 Oct, 2021


Sahabat, mari kita berjalan-jalan ke sebuah Pondok Pesantren bernama Miftahul Ulum yang berada di Tasikmalaya.

Para santri yang belajar di Pesantren Miftahul Ulum, Desa Kertaraharja, Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya sebagian besar berasal dari keluarga prasehjahtera dan beberapa di antaranya merupakan anak yatim. Saat musim kemarau datang, santri ikhwan harus mengalami kesulitan air untuk kegiatan bersuci. Bahkan mereka harus mengambil air dari kolam yang jaraknya 500m dari pondok dengan kondisi jalanan yang naik turun. Berakhir dengan mambangun MCK sementara di atas kolam.



Sementara untuk santri akhwat mengandalkan bantuan air dari rumah warga setempat. Tidak jarang mereka harus mengkonsumsi dengan air-air kurang bersih dan tidak layak untuk diminum. Kondisi ini dirasakan oleh kurang lebih 80 orang santri di pesantren tersebut. Namun meskipun begitu, mereka tetap semangat belajar dan mencari ilmu demi masa depan yang lebih baik.



Keterbatasan biaya membuat pesantren kesulitan untuk bisa membangun MCK layak dan mendapatkan akses air bersih untuk para santri. Harapannya, santri bisa mendapatkan akses air dan MCK layak yang terletak tidak jauh dan berada di area pesantren, karena khawatir, dengan jarak tempuh cukup jauh dan turun naik, khawatir santri mengalami kejadian yang idak diinginkan seperti jalanan licin dan lain sebagainya.



Di tempat tersebut untuk bisa mengalirkan air bersih, pesantren harus mengeluarkan budget yang cukup mahal yaitu 4 juta per satu centimeter bolongan saluran air sehigga ketidakmampuan ini membuat pesantren harus berfikir lebih untuk mengalirkan akses air bersih untuk santri. Setiap bulannya santri cukup membayar 10.000 saja untuk bisa belajar dan menuntut ilmu. kkeinginan pihak pesantren sangat besar untuk menyediakan fasilitas MCK dan air yang memadai untuk santri.



Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala.” (HR. Muslim)

InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya berikhtiar membantu saudara-saudara kita di Pesantren Miftahul Ulum bisa memiliki akses air bersih yang mudah dengan membangun sumur wakaf di sekitar pesantren untuk memudahkan para santri saat sedang belajar

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang