Ponpes Attohiriyah Terbakar, Hadirkan Kembali Alquran untuk Para Santri

Kebakaran di Pondok Pesantren Attohiriyah menghanguskan Alquran dan Kitab Kuning para santri. Ayo hadirkan kembali sarana belajar dan semangat para santri dengan Wakaf Alquran terbaikmu.

Simpan

Ponpes Attohiriyah Terbakar, Hadirkan Kembali Alquran untuk Para Santri

Target

0 0

0%
0 83 hari tersisa

Ponpes Attohiriyah Terbakar, Hadirkan Kembali Alquran untuk Para Santri

Update : 19 Oct, 2021


Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Pondok Pesantren Attohiriyah baru saja terkena musibah kebakaran.

Para santri yang mengenyam pendidikan di sana rata-rata berasal dari keluarga menengah ke bawah, sehingga dengan musibah ini, para santri akan sangat sulit sekali untuk melanjutkan pendidikannya. Alquran dan kumpulan Kitab Kuning yang menjadi modal kajian selama ini didapatkan dengan susah payah, kini habis tak bersisa.



Di ponpes ini ada sekitar 220 santri putra dan putri yang berasal dari berbagai daerah seperti Banten, Cianjur dan daerah lain. Mereka hanya dibebankan untuk membayar listrik sebesar Rp10.000 per bulan, dan itupun bagi yang mampu saja. Bagi yang tidak mampu bayar pun tidak jadi masalah. Untuk mendapatkan Kitab Kuning atau Alquran, beberapa santri harus bekerja beberapa minggu di kampung halamannya, namun ada juga yang dibantu oleh saudaranyanya.



Kebakaran di ponpes ini disebabkan oleh konsleting listrik yang terjadi di kobong atau asrama Putra yang membuat percikan api, dan langsung sedekit demi sedikit bangunan yang di dominasi oleh kayu dan bilik ini terbakar. Pada saat kejadian, para santri sedang di tidak berada di kobong dan sedang melakukan pengajian di masjid. Kebakaran ini menghanguskan dapur, kobong Putra dan juga ruangan tempat menyimpan Alquran, Kitab Kuning dan kitab lainnya.

Banyak barang-barang milik santri yang tidak bisa diselamatkan, begitu juga dengan Alquran dan kitab yang ada, dikarenakan api yang begitu besar serta akses air yang kurang membuat penanganan kebakaran ini menjadi lambat teratasi. Kebutuhan mendesak para santri saat ini adalah Alquran dan Kitab Kuning yang baru untuk menunjang belajar di pondok.



Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: "Sesungguhnya yang didapati oleh orang yang beriman dari amalan dan kebaikan yang ia lakukan setelah ia mati adalah: (1) Ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan. (2) Anak soleh yang ia tinggalkan. (3) Mushaf Al-Qur’an yang ia wariskan. (4) Masjid yang ia bangun. (5) Rumah bagi ibnu sabil (musafir yang terputus perjalanan) yang ia bangun (6) Sungai yang ia alirkan. (7) Sedekah yang ia keluarkan dari harta ketika ia sehat dan hidup. Semua itu akan dikaitkan dengannya setelah ia mati.” (HR. Ibnu Majah no. 242)"

InsyaAllah, tim Aksi Cepat Tanggap Sukabumi akan membantu menyediakan Alquran dan Kitab Kuning baru dan harapannya juga bisa membangun ponpes ini. Sahabat dermawan, mari ringankan kesedihan para santri dengan mewakafkan Alquran dan Kitab Kuning kepada para santri korban kebakaran. Lebarkan senyum dan semangat para santri dengan wakaf terbaik kita.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Wakaf Sekarang