Sumur Tercemar, Mari Bangun Sumur dan MCK Layak untuk Masyarakat Sangkunur!

Sumur di Kelurahan Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan telah tercemar dan menghitam. Sehingga para warga mengambil air dari pegunungan menggunakan pipa yang sering rusak. Yuk bangun Sumur Wakaf untuk mereka dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Sumur Tercemar, Mari Bangun Sumur dan MCK Layak untuk Masyarakat Sangkunur!

Target

0 0

0%
0 55 hari tersisa

Sumur Tercemar, Mari Bangun Sumur dan MCK Layak untuk Masyarakat Sangkunur!

Update : 19 Oct, 2021


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala." (HR. Muslim)

Sahabat, air bersih dan MCK yang layak adalah kebutuhan yang sangat prioritas dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab dengan kehadiran air yang bersih, akan memudahkan masyarakat untuk melaksanakan aktivitas mandi, mencuci, memasak hingga berwudhu. Demikian juga dengan MCK yang layak, mesti dimiliki semua entitas masyarakat, karena MCK yang layak adalah salah satu syarat kesehatan.



Kelurahan Sangkunur yang terletak di Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, ternyata belum mendapatkan kecukupan air bersih dan MCK yang layak. Sumur yang dulunya mereka gunakan untuk berwudhu, mencuci dan mandi, sekarang kondisinya sudah tercemar dan airnya berubah menjadi hitam. Hingga pada akhirnya ditinggal begitu saja oleh masyarakat karena sudah tidak layak pakai.



Ikhtiar yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan air bersih ialah dengan mencoba mengambil air dari pegunungan yang jaraknya cukup jauh dari pemukiman. Namun karena keterbatasan dana untuk pengadaan pipa yang cukup panjang membuat airnya tidak mengalir dengan besar, karena sering rusak. Belum lagi ketika musim penghujan, Sangkunur merupakan langganan banjir. Setiap penghujan akan menyebabkan banjir dari air gunung, menyebabkan air rusak dan pipa-pipa air rusak.



Masyarakat Kelurahan Sangkunur yang memiliki memiliki jumlah penduduk 120 KK 548 jiwa ini juga harus antri setiap harinya jika hendak BAB maupun BAK. Antrian itu terjadi dikarenakan WC yang ada sangat sedikit dan sempit. “Kalau pagi kami sering santri bergantian untuk BAB. Kadang peurt sudah tidak tahan lagi. Airnya pun sangat kecil,” tutur Alom salah satu tokoh masyarakat Kelurahan Sangkunur.

Sahabat Dermawan, Melihat kondisi ini, Insya Allah tim ACT Padang Sidempuan akan melakukan pembangunan sumur wakaf di Kelurahan Sangkunur. Selain itu, jika memungkinkan kami juga akan melakukan renovasi mushola dan membangun toilet umum untuk membantu masyarakat Sangkunur.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang