Yuk, Hadiahkan Iqra dan Mushaf Baru Untuk Santri di Surau Baiturrahman

Surau Baiturrahman kembali aktif menjadi tempat santri belajar, namun Al-Qur'an di sana sudah mulai lusuh karena dipakai bertahun-tahun. Mari hadiahkan Al-Qur'an untuk para santri dengan wakaf darimu!

Simpan

Yuk, Hadiahkan Iqra dan Mushaf Baru Untuk Santri di Surau Baiturrahman

Target

0 0

0%
0 116 hari tersisa

Yuk, Hadiahkan Iqra dan Mushaf Baru Untuk Santri di Surau Baiturrahman


Sahabat, pernah dengar tentang surau?

Surau merupakan tempat beribadah sekaligus tempat belajar membaca dan mengaji Al-Qur'an bagi anak-anak Minangkabau dimasa lalu dan masih berlangsung sampai saat ini, salah satunya adalah Surau Baiturrrahman. Surau Baiturrahman atau yang biasa dikenal masyarakat Surau Lakuak terletak di Iku Koto, Jorong Batang Pamo Nagari Pianggu Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Surau ini menjadi tempat anak-anak sekitar iku koto belajar baca tulis Al-Quran dan belajar agama.



"Meski sudah berdiri sejak tahun 1965, tapi surau ini baru aktif kembali di tahun 2018 dengan dana pribadi para guru, karena memang murid yang mengaji di sini kebanyakan dari ekonomi menengah bawah, dan kami disini berharap bisa membantu anak-anak di pelosok untuk dapat menuntut ilmu agama, pandai mengaji, dan dekat dengan Al-Qur'an," ujar Bu Susi Susanti.

Di Surau ini, para santri tidak hanya belajar membaca dan menulis Al-Qur'an namun juga diajarkan life-skill tataboga dan mengadakan Puasa Sunnah sekali sebulan untuk melatih amalan sunah bagi semua santri. Biasanya para santri belajar di surau pada sore hari ataupun malam hari setelah jam sekolah selesai.



Para santri tidak dikenakan biaya bulanan karena memang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja banyak dari keluarga santri yang sudah kesulitan untuk mencukupi kebutuhannya. Namun karena keinginan dan semangat orang tua agar anak mereka kelak memiliki bekal agama, mereka menempuh jarak yang cukup jauh untuk bisa mengaji di Surau Baiturrahman ini.



Berdasarkan temuan Tim ACT-MRI Solok Surau ini sangat membutuhkan Mushaf Al-Qur'an dan Iqra baru, karena biasanya para santri mengaji menggunakan Iqro dan Mushaf Al-Qur'an yang disediakan oleh surau. Jadi tidak heran jika Mushaf Al-Qur'an yang ada di sana sudah mulai lusuh karena digunakan bergantian oleh anak-anak dari tahun ke tahun. Karena pihak surau sudah kesulitan untuk memenuhi biaya operasional yang lebih sering kurang dibandingkan kelebihan, apalagi untuk biaya untuk pengadaan Al-Qur'an dan Iqra baru.

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih." (HR. Muslim no 1631)



InsyaAllah tim ACT Solok Sumbar berikhtiar menyalurkan Al-Qur'an Tajwid untuk adik-adik dan jamaah di Surau Baiturrahman. Selain bantuan mushaf, insyaAllah akan diupayakan juga untuk pengadaan alat tulis, buku iqro dan peralatan pendukung mengaji anak-anak di pelosok Kabupaten Solok.

Ketika kita belum mampu terjun langsung mengajarkan kalam Allah, maukah setidaknya kita menyisihkan sebagian harta untuk mendukung pembelajaran Al-Qur'an? Sahabat, mari alirkan pahala jariyah dengan memberi wakaf mushaf Al-Qur'an gratis untuk anak-anak belajar mengaji di wilayah pelosok Kabupaten Solok dan sekitarnya.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang