Air Kali Tercemar Sumber Kehidupan Warga. Ayo Bangun Sumur Wakaf Kampung Glonggong!

Air kali yang tercemar limbah dan menghitam ini masih tetap digunakan warga untuk kebutuhan mandi, mencuci, dll. Yuk alirkan derasnya air bersih bagi warga glonggong!

Simpan

Air Kali Tercemar Sumber Kehidupan Warga. Ayo Bangun Sumur Wakaf Kampung Glonggong!

Target

0 0

0%
0 83 hari tersisa

Air Kali Tercemar Sumber Kehidupan Warga. Ayo Bangun Sumur Wakaf Kampung Glonggong!

Update : 23 Nov, 2021


Hitam pekatnya aliran air sungai tidak menjadi alasan warga untuk tidak menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Namun disatu sisi warga masih bersyukur ada aliran air sungai meskipun kualitasnya sangat buruk bahkan tidak layak pakai..



Kampung Gelonggong terletak di Desa Karang Rahayu, Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi. Warga kampung gelonggong biasa menggunakan aliran air kali cilemahabang untuk kebutuhan sehari-hari. Kualitas air yang sangat buruk tidak menjadi halangan, warga tetap menggunakan air yang tak layak tersebut untuk kebutuhan mandi, mencuci pakaian, dan mencuci piring.



Jika kualitas air sedang buruk, warnanya jadi menghitam seperti air diselokan. Air yang hitam pekat pun masih digunakan warga untuk kegiatan mandi. Sedangkan untuk mencuci pakaian tidak bisa karena sabun yang menjadi tidak berbusa. Menurut cerita warga, saat air menghitam warga biasanya mengendapkan air tersebut terlebih dahulu agar kotorannya turun dan kemudian bisa dipakai.



Air yang hitam pekat seperti air selokan terjadi karena efek pembuangan limbah ke aliran kali cilemahabang. Masih sangat sedikit warga yang memiliki sumur bor. Tingkat ekonomi warga yang tergolong menengah kebawah, serta ketidakmampuan warga membangun sumur bor karna terkendala biaya, memaksa warga untuk tetap menggunakan air kali sebagai sumber kehidupan mereka. Sedangkan untuk kebutuhan mendesak seperti memasak dan minum, warga membeli air bersih per satu galon.

Disaat kita semua dapat merasakan berlimpahnya air bersih, namun ternyata masih ada saudara kita yang sangat mendambakan aliran air bersih yang deras untuk memenuhi kehidupan mereka.
Disaat kita semua (mungkin) merasa jijik dengan air selokan yang ada didekat rumah kita, ternyata masih ada warga yang menggunakan air selokan (aliran kali) untuk digunakan kebutuhan sehari-hari.

"Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.." - QS Al Mukminun-18.

Ayo alirkan derasnya air bersih bagi warga kampung glonggong!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang