Wudhu dengan Air Rawa, Bangun Sumur Wakaf untuk Santri Prasejahtera di Langsa

Para santri di Ponpes Misbahul Ulum Diniyah Al-Azizah harus menggunakan air keruh dari rawa untuk bersuci karena tidak memiliki sumur bor yang layak. Mari bangun sumur bor dan MCK untuk mereka dengan sedekah tebaikmu!

Simpan

Wudhu dengan Air Rawa, Bangun Sumur Wakaf untuk Santri Prasejahtera di Langsa

Target

0 0

0%
0 53 hari tersisa

Wudhu dengan Air Rawa, Bangun Sumur Wakaf untuk Santri Prasejahtera di Langsa

Update : 02 Dec, 2021


"Kalau wudhu disini tidak bisa sendirian, karena dekat dengan hutan jadi terkadang digangguin sama monyet yang kebetulan tinggal dihutan seberang," ujar Riski, salah satu santri di Pesantren Misbahul Ulum Diniyah Al-Aziziyah.

Pesantren Misbahul Ulum Diniyah Al-Aziziyah merupakan salah satu pesantren yang terletak Desa Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa. Pesantren ini memiliki jumlah santri lebih dari 300 orang yang berasal dari berbagai daerah termasuk provinsi tetangga seperti Provinsi Sumatera Utara.



Santri di sini pada umumnya berasal dari keluarga prasejahtera dengan harapan anaknya dapat belajar agama dengan baik dan menjadi seorang dai walaupun dengan segala keterbatasan. Sehingga pihak pesantren pun tidak membebankan biaya belajar seperti pesantren pada umumnya. Untuk biaya operasional, pesantren ini dibantu oleh keikhlasan para dermawan dan jamaah pengajian yang rutin mengaji di sini.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para santri harus menggunakan air keruh dari salah satu sumur bor, itu pun hanya untuk keperluan memasak. Selebihnya mereka terpaksa menggunakan air keruh dari rawa yang berada tidak jauh dari pesantren. Dan sangat disayangkan ketika musim hujan tiba, selain debit air tinggi, juga tempat biasanya mereka wudhu dan mandi sudah pasti digenangi air, sehingga para santri harus lebih berhati-hati karena sangat berisiko terjatuh ke dalam rawa.



"Saat ini kami dari pihak pesantren sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air para santri, karena untuk membangun sumur membutuhkan daya yang banyak, sedangkan saat ini kami dan para santri sedang bergotong royong membangun asrama untuk para santri," ujar Ustad Ikhsan, salah satu dewan guru yang mengajar di sana.



Dari Sa’id bahwasanya Sa’ad mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bertanya, "Sedekah apa yang paling engkau sukai?" Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, "Sedekah air." (HR. Abu Daud, no. 1679)

InsyaAllah, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Langsa akan membangun sumur bor besarta fasilitas MCK dengan kapasitas 300 orang santri sehingga mereka bisa belajar dengan nyaman dan tidak terkendala sedikitpun.

Sahabat Dermawan, sudah lama pihak pesantren, orangtua dan santri sendiri memimpikan untuk memiliki sebuah sumur, tetapi ini sangatlah berat mengingat santri di sini mayoritas berasal dari keluarga prasejahtera dan yatim. Mari bersama bangun sumur bor untuk mereka!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang