Krisis Berkepanjangan, Mari Bantu Modal Usaha Petambak Garam di Pati!

Ekonomi masyarakat belum pulih terkhusus bagi para petambak garam di Pati. Keadaan bertambah sulit saat penjualan garam yang tidak seberapa ditambah kondisi masih krisis karena pandemi. Mari berikan modal usaha untuk mereka dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Krisis Berkepanjangan, Mari Bantu Modal Usaha Petambak Garam di Pati!

Target

0 0

0%
0 60 hari tersisa

Krisis Berkepanjangan, Mari Bantu Modal Usaha Petambak Garam di Pati!

Update : 27 Oct, 2021


Dampak pandemi Covid-19 masih belum usai. Walaupun pembatasan sudah mulai diperlonggar, ekonomi masyarakat belum sepenuhnya pulih. Luka ekonomi ini masih sangat dirasakan sakitnya oleh keluarga prasejahtera, salah satunya petambak garam di Pati.

Sebagian besar petambak garam menggarap lahan bukan miliknya sehingga mereka rela berbagi hasil dengan pemilik lahan. Bila harga garam bagus, bagian yang mereka peroleh pun lumayan banyak. Tapi bila harga garam anjlok, maka mereka harus rela jerih payahnya seharian di bawah terik matahari hanya menghasilkan sedikit rupiah untuk keluarga mereka.



Mbah Harjo, salah satu petambak bercerita bahwa tahun lalu harga garam pernah menyentuh angka Rp200 per kilogram. Setelah dikurangi biaya lainnya dan bagi hasil dengan pemilik lahan, beliau hanya mengantongi Rp70 per kilogram. Bila sehari itu menghasilkan 4 kwintal garam, makan beliau hanya membawa uang Rp28.000. Padahal, tidak setiap hari garam dapat dipanen.

Kini, harga garam berada di kisaran Rp400 per kilogram. Bila hari itu beliau memanen 4 kwintal, maka Rp70.000 dapat dibawanya pulang. Jika pada hari itu garam belum dapat dipanen, maka beliau dan keluarganya harus bersabar karena tidak ada yang dibawa pulang.



Kini bayang-bayang ancaman penderitaan berada di hadapan mereka. Rencana pemerintah mengimpor 3 juta ton garam dari luar negeri membuat kemiskinan seolah semakin lekat dengan mereka.

Kondisi saat ini petambak garam masih terbelenggu dengan harga garam yang sangat rendah. Ancaman kesejahteraan masih menghantui para petambak garam sehingga kebutuhan untuk para petambak ialah kebutuhan paket pangan dan juga modal usaha untuk keluarga petambak garam batangan.



Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah akan menolong seorang hamba selama hamba itu mau menolong saudaranya." (HR. Muslim)

InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Pati akan melakukan pengadaan paket pangan dan modal usaha untuk para petambak garam. Dengan harga garam yang terus murah, mau tidak mau para petambak garam mencari cara lain untuk menghidupi keluarga mereka.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang