Sulit Akses Bantuan Medis, Hadirkan Perahu Ambulans untuk Warga Pesisir Demak

Warga kerap kelabakan saat terjadi kondisi gawat darurat medis karena tak ada armada. Hadirkan perahu ambulans untuk warga Desa Tambak Gojoyo, mudahkan para nelayan pesisir dapatkan akses menuju fasilitas kesehatan terdekat!

Simpan

Sulit Akses Bantuan Medis, Hadirkan Perahu Ambulans untuk Warga Pesisir Demak

Target

0 0

0%
0 83 hari tersisa

Sulit Akses Bantuan Medis, Hadirkan Perahu Ambulans untuk Warga Pesisir Demak


Sahabat, tahukah kamu betapa sulitnya warga pesisir pantai utara Jawa Tengah mendapatkan akses menuju fasilitas umum? Kondisi ini dialami sendiri oleh warga pesisir Pantai Onggojoyo, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

---

Masih di Pulau Jawa, pulau di Indonesia yang disebut-sebut paling maju dari segi pembangunan infrastruktur. Ternyata, hal ini tidak dirasakan warga pesisir seperti Desa Tambak Gojoyo. Sarana transportasi masih sangat terbatas di sana. Padahal lokasinya yang berbatasan langsung dengan lautan menyebabkan desa ini mutlak mesti memiliki sarana transportasi air yang layak untuk memudahkan mobilitas warganya, termasuk saat keadaan darurat layanan medis dan kesehatan.



Akses menuju Desa Tambak Gojoyo saja masih memprihatinkan. Warga tidak bisa menggunakan mobil karena jalan yang dilalui hanya cukup untuk motor. Jika musim hujan, jalan yang dilalui akan becek berlumpur sehingga menyulitkan kendaraan untuk melintas.

"Pernah suatu saat saya mau keluar dari desa menuju jalan utama ke pusat kota membutuhkan waktu dua jam lebih. Roda motor selip karena dalamnya lumpur yang menggenang jalanan," ujar Ulul salah satu RT di desa tersebut.

Jika ada kondisi darurat warga yang sakit atau akan melahirkan praktis ambulance mobil tidak mampu menjangkau Desa Tambak Gojoyo. Menggunakan motor akan semakin membahayakan para pasien ditambah kondisi jalan yang belum baik aksesnya. Alhasil, akses laut jadi salah satu opsi yang sebenarnya memungkinkan, namun sayangnya masih belum bisa diimplementasikan karena jumlah perahu yang layak sangat terbatas.



Hanya ada perahu nelayan yang sederhana di sana. Jangan bayangkan perahu nelayan yang bermesin gesit, perahu para nelayan di Desa Tambak Gojoyo masih bermesin kuno. Butuh waktu lama untuk mengantarkan pasien gawat darurat ke rumah sakit dengan perahu nelayan.

"Pernah dulu ada yang melahirkan di jalan. Namun karena lamanya penanganan dalam mendapatkan fasilitas medis akhirnya sang bayi meninggal di perjalanan," cerita Umi, tokoh masyarakat desa.



Warga Desa Tambak Gojoyo dan desa lainnya yang berada di ujung pesisir Onggojoyo sangat membutuhkan transportasi untuk mengakses fasilitas kesehatan terdekat. Mereka ingin sekali mengadakannya secara swadaya, namun terhalang kondisi perekonomian. Mayoritas warga mencari nafkah dengan menjadi nelayan di sungai, tambak, dan pinggiran pantai dengan hasil yang tak menentu. Untuk itu, ACT Semarang Jawa Tengah berikhtiar untuk menghadirkan bantuan untuk mereka berupa perahu khusus untuk mengangkut pasien, atau Perahu Ambulans.



Yuk, bantu ikhtiar ini agar dapat terwujud lewat sedekah kita. InsyaAllah akan ada jiwa-jiwa yang berhasil terselamatkan dengan adanya pertolongan kita ini. Sampaikan kepedulianmu segera melalui laman aksi ini, sebab urusan kesehatan tidak bisa ditunda-tunda dan perlu ditindak secepatnya.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang