Bangun TPA Al Furqon dan Mudahkan Para Santri Belajar Ilmu Islam

Sebagai pusat pendidikan Islam, Masjid Al Furqon kini tak lagi cukup dan kewalahan menampung santri. Mari bangun TPA Al Furqon untuk santri di sana.

Simpan

Bangun TPA Al Furqon dan Mudahkan Para Santri Belajar Ilmu Islam

Target

0 0

0%
0 142 hari tersisa

Bangun TPA Al Furqon dan Mudahkan Para Santri Belajar Ilmu Islam

Update : 03 Nov, 2021


Masjid Al Furqon yang terletak di Tegalrejo, Ngemplak, Kabupaten Klaten, ini, selain dijadikan sebagai tempat ibadah, juga dijadikan sebagai TPA.Sudah sejak tahun 1992 sampai sekarang masjid ini aktif digunakan untuk kegiatan keagamaan, salah satunya pendidikan TPA. Saat ini TPA Al Furqon memiliki 6 guru untuk mengampu 70 santri, dari anak-anak hingga lansia.



Sejak gempa tahun 2006, Masjid Al Furqon hingga kini belum tersentuh renovasi. Saat ini banyak santri yang harus belajar menumpang rumah warga sekitar masjid karena kondisi masjid sudah tidak muat untuk digunakan semua santri. Rata-rata masyarakat di sana bekerja sebagai buruh tani dan juga buruh pencari pasir dengan pendapatan perhari Rp20.000, yang nantinya akan dijual ke pemilik usaha pasir. Dalam sehari, terkadang mereka hanya menunggu dan tidak ada pembeli.



Guru-gurunya sudah 29 tahun mengabdi untuk TPA tanpa digaji karena memang tidak ada uang yang cukup untuk menggaji para guru. Masyarakat di sana juga tergolong kurang mampu, sehingga TPA-nya pun digratiskan. Dan karena tempatnya terbatas untuk kegiatan belajarnya, terpaksa para guru meminjam rumah tetangga. Jumlah santri yang terlampau banyak juga membuat pembelajaran dibuat jadwal sore dan malam.



Bukan tanpa usaha, pihak takmir masjid sudah berupaya untuk membangun gedung untuk TPA. Bahkan selama 29 tahun ini, infaq masjidnya hanya terkumpul 25 juta dari infaq harian, jum'atan dan hari besar Islam, sementara untuk kebutuhan air, disupplai dari pamsimas setempat, per bulannya harus membayar iuran sebesar Rp36.000.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali dari tiga sumber: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim)



Melihat semangat guru, santri hingga takmir masjid yang ingin memiliki pusat pendidikan TPA, InsyaAllah Aksi Cepat Tanggap Klaten berikhtiar untuk membantu pembangunan gedung TPA Al Furqon yang nantinya bisa digunakan santri untuk berbagai aktifitas belajar.

Sahabat, mari bekali diri dengan pahala jariyah dan jaga semangat belajar Al-Qur'an anak-anak TPA Al Furqon dengan hadirkan gedung TPA dan fasilitas belajar yang memadai.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang