Puluhan Tahun Hidup di Rumah Tak Layak. Yuk, Bantu Renovasi Rumah Mak Iyom!

Puluhan tahun tinggal di rumah tidak layak, dan merawat sang anak yang mengidap penyakit ODGJ di usia lansia bukan hal yang mudah. Yuk, bantu Mak Iyom dan anaknya tinggal di rumah yang layak!

Simpan

Puluhan Tahun Hidup di Rumah Tak Layak. Yuk, Bantu Renovasi Rumah Mak Iyom!

Target

0 0

0%
0 23 hari tersisa

Puluhan Tahun Hidup di Rumah Tak Layak. Yuk, Bantu Renovasi Rumah Mak Iyom!

Update : 01 Nov, 2021


Perkenalkan, ada seorang ibu tangguh yang bernama Iyom atau biasa disebut Mak Iyom (83tahun). Kondisi fisiknya saat ini sudah membungkuk dan jalannya sudah tertatih namun beliau harus menikmati masa tuanya bekerja keras dan mengurusi sang putri yang terkena penyakit gangguan jiwa.



Suami Mak Iyom sudah meninggal sejak 20 tahun, mau tak mau ia harus menghidupi seorang anaknya sendiri. Anak beliau bernama Dede Saripah, saat ini sudah memasuki usia 42 tahun. Saripah, sudah mengalami gangguan jiwa sejak 10 tahun lalu saat sang suami menceraikannya dan disaat itu ia selalu menyendiri dan tertawa sendiri.



Mak Iyom tidak mampu untuk membawa anaknya berobat karena keterbatasan ekonomi. Namun dengan kondisi itu, ia tak pantang menyerah dan meminta-minta. Untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya, beliau berjualan kerupuk macaroni yang ia goreng sendiri setiap harinya. Dan berjalan kaki mengelilingi desa untuk menjual kerupuknya. Harga kerupuknya sangat murah yaitu berkisar Rp 1.000/ bungkus. Biasanya penghasilan dari berjualan kerupuk makaroni tidak lebih dari Rp. 20.000/ hari, Tapi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan makan dengan anaknya sehari-hari. Kalaupun dagangannya tidak ada yang laku, Alhamdulillah tetap ada tetangga yang memberikan makanan untuk ia makan bersama anaknya, meskipun seadanya.



Selain ujian yang setiap harinya harus ia jalani, ternyata Mak Iyom tinggal di rumah yang berukuran 2x1 M2 sudah lapuk dan hampir roboh. Lantai dari bambu yang sudah berlubang, atap yang bocor dan bilik bambu yang lapuk dimakan usia. Ia harus tidur dengan kondisi bangunan yang tidak layak. Belum lagi hujan deras membuat rumahnya terendam banjir. 10 tahun yang lalu rumahnya pernah roboh diakibatkan air sungai yang meluap sehingga membuat beberapa rumah dikampungnya termasuk rumah beliau hanyut terbawa derasnya air sungai.



“Sesungguhnya Allah akan menolong seorang hamba-Nya selama hamba itu menolong orang lain.” (Hadits Muslim, Abu Daud Dan Tirmidzi)

Maukah kamu menjadi orang yang beruntung itu?

Melihat kondisi ini, InysaAllah Tim ACT-Kab. Garut akan membantu merenovasi Rumah Mak Iyom yang tidak layak huni serta memberikan modal usaha supaya ia bisa membuka warung dan tidak berjalan mengelilingi desa. Yuk, bantu ringankan ujian Mak Iyom dengan sedekah terbaikmu melalui halaman ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang