Belajar di Ruang Terbuka, Bangun Ruang Kelas MIS DInul Islam Pelosok Negeri

Santri MIS DInus Islam terpaksa belajar diruang terbuka karena terbatasnya ruang kelas yang mereka miliki dengan 300-an lebih santri yang menuntut ilmu di MIS tersebut

Simpan

Belajar di Ruang Terbuka, Bangun Ruang Kelas MIS DInul Islam Pelosok Negeri

Target

0 0

0%
0 119 hari tersisa

Belajar di Ruang Terbuka, Bangun Ruang Kelas MIS DInul Islam Pelosok Negeri

Update : 03 Nov, 2021


MIS Dinul Islam ini terbangun dari inisiasi masyarakat Desa Singkohor dan Lae Pinang yang berkeinginan adanya sebuah lembaga pendidikan bernafaskan Islam. Dengan semangat gotong royong akhirnya MIS ini bisa terbangun walaupun dengan gedung seadanya.



MIS Dinul Islam merupakan satu-satunya Madrasah tingkat Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Singkohor, Aceh Singkil. Daerah ini merupakan wilayah pelosok dan terpencil di Aceh Singkil. Saat ini Santri MIS Dinul Islam berjumlah 310 santri.

Besarnya minat dan antusias masyarakat mendaftarkan anak-anak mereka di MIS tersebut setiap tahunnya membuat ustadz Aris Yulianto sebagai salah satu pengurus harus berpikir lebih menyediakan sarana dan prasarana belajar, khusunya ruang kelas. Dengan kapasitas 300-an santri membuat ruang kelas yang mereka gunakan harus terbagi dua.



Saat ini santri MIS sangat membutuhkan penambahan ruang kelas untuk proses belajar mengajar. Selain ruang yang harus dibagi, santri juga belajar di ruang terbuka menumpang balai pengajian (TPA) yang ada di desa. Terkadang mereka juga belajar Di Masjid.



Walaupun hanya memiliki 4 ruang kelas dan mobilitas pergerakan belajar yang kurang memadai tidak membuat santri dan pengurus serta pendidik MIS patah semangat. Hal ini terbukti dengan prestasi-prestasi yang diraih oleh santri baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Bahkan, lulusan MIS Dinul Islam banyak yang keluar daerah untuk melanjutkan studi mereka terutama ke Pesantren-pesantren lainnya.



Melihat kondisi ini, Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Subulussalam berikhtiar untuk membangun ruangkelas sebagai tempat belajar yang layak dan pengadaan beberapa buku bacaan.

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh," (HR. Muslim no. 1631).



Sahabat Dermawan, meski dengan fasilitas seadanya tetapi tak lantas menyurutkan langkah para santri untuk tetap belajar dan mengukir prestasi. Yuk kita bantu mereka agar bisa belajar lebih nyaman!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang