Minum Air Sungai, Hadirkan Sumur untuk Kebutuhan Air Bersih Warga Kalinampu!

Ketersediaan air bersih di Dusun Kalinampu, Gunungkidul semakin menipis karena gempa besar tahun 2006 lalu. Selama ini warga pun mengkonsumsi air dari Kali Oya untuk keperluan sehari-hari. Mari hadirkan sumur wakaf untuk Dusun Kalinampu!

Simpan

Minum Air Sungai, Hadirkan Sumur untuk Kebutuhan Air Bersih Warga Kalinampu!

Target

0 0

0%
0 60 hari tersisa

Minum Air Sungai, Hadirkan Sumur untuk Kebutuhan Air Bersih Warga Kalinampu!

Update : 04 Nov, 2021


Pasca gempa besar Yogyakarta pada tahun 2006, banyak sumur yang menjadi penyuplai air bersih bagi warga di Patuk, Gunungkidul menjadi terputus sumber airnya karena terjadi pergeseran lempeng tanah. Hal itu mengakibatkan sebagian besar warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih sehingga warga Dusun Kalinampu memanfaatkan air aliran Kali Oya untuk keperluan sehari-hari.



Penggunaan air sungai bukannya tanpa resiko, penumpukan endapan dan juga peningkatan E-Coli di Kali Oya mengakibatkan beberapa warga sering mengalami gangguan pencernaan, namun tak ada lagi yang bisa mereka lakukan karena tak ada lagi sumber air selain dari Kali.

Beberapa warga berusaha menggali sumur-sumur baru, namun hanya sedikit yang berhasil, itupun hampir seluruhnya mengalami kekeringan pada saat musim kemarau tiba. Sehingga warga tetap mengandalkan Kali Oya sebagai satu-satunya sumber air terdekat ketika musim kemarau.



Saat memasuki musim penghujan, permasalahan air bersih warga tak juga hilang. Hal ini dikarenakan Kali Oya tempat warga mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari menjadi sangat keruh, sehingga kototan dan endapan menjadi lebih banyak dari sebelum-sebelumnya, akibatnya warga harus sering-sering membersihkan mesin pompa dan bak penampungan.

Untuk membangun sumur dalam, warga yang mayoritas pekerjaannya sebagai petani ini mengaku tidak mampu, terlebih biaya pengeboran sumur disana termasuk mahal karena struktur tanah disana didominasi oleh bebatuan hitam yang sangat keras.



Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: "Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala." (HR. Muslim)

InsyaAllah, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Yogyakarta akan mengikhtiarkan membangun sumur wakaf untuk warga Dusun Kalinampu, sehingga kesediaan air bersih yang layak minum bisa dirasakan oleh warga masyarakat. Semoga dengan adanya sumur ini, kelayakan kesehatan warga lebih terjamin, dan warga tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih ketika musim kemarau tiba.

Sahabat, mari sediakan air bersih untuk warga, anak, cucu, hingga cicit di Kalinampu dengan membangun Sumur Wakaf disana.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang